ANALISIS STRATEGI SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KERAJINAN BESI KARYA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS 2A METRO

Iqbal Al Farezi, Arisman Arisman

Abstract


Lembaga Pemasyarakatan merupakan salah satu unit pelaksanaan teknis kementrian hukum dan hak asasi manusia yang memiliki sistem pembinaan yang bertujuan untuk dapat merubah narapidana menjadi manusia seutuhnya kembali dan dapat diterima kembali kedalam masyarakat.Adapun salah satu pembinaan yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan yaitu program bimbingan kerja seperti Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2a Metro yang memiliki program bimbingan kerja kerajinan besi yang bertujuan mengasah skill narapidana dan dapat menjadi sumber penghasilan para narapidana, hal ini juga dapat menjadi bekal bagi narapidana ketika bebas nanti.Penelitian ini membahas faktor internal dan eksternal dengan menggunakan strategi SWOT untuk mengembangkan produksi kerajinan besi di LAPAS Kelas 2a Metro.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis faktor internal dan analisi faktor eksternal.Dari hasil yang didapatkan skor yang diperoleh faktor internal sebesar 2,952 dan faktor eksternal sebesar 3,204 yang berarti bahwa kegiatan kerajinan besi yang ada memiliki keampuan diatas rata rata dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengurangi kelemahan dan ancaman pada kegiatan kerajinan besi di dalam LAPAS.


Keywords


Lembaga Pemasyarakatan; Narapidana; Analisis SWOT; Kerajinan Besi

Full Text:

PDF

References


(Kunci & Rangkuti, 2004)Kunci, K., & Rangkuti, F. (2004). Zuhrotun Nisak.

Pendidikan, J., Rupa, S., & Ganesha, U. P. (n.d.). KECAMATAN KOPANG LOMBOK TENGAH. 2.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., & Magister. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Ningtyas, E. (2013). Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1266–1275.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.568-573

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.