KENDALA SERTA PENANGGULANGAN YANG DI LAKUKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN DI SELURUH INDONESIA DALAM HAL OVER KAPASITAS

Muhammad Farhan Abdillah

Abstract


Over kapasitas merupakan hal yang paling sering terjadi hampir di seluruh Lembaga Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Hal tersebut hampir seluruh Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia mengalami over kapasitas, maka dari itu akan menimbulkan permasalahan yang ada seperti membuat petugas keamanan dalam bentuk pengamanan maupun pengawasan  di Lembaga Pemasyarakatan tidak maximal dalam menjalankan tugas pengamanan nya, yang kedua yaitu membuat pembinaan tidak berjalan dengan maximal karena jumlah dari warga binaan yang melebihi kapasitas dari Lembaga Pemasyarakatan, selain itu juga membuat kamar ataupun blok hunian yang padat yang seharus nya di tempatkan dengan secara kapasitas yang ada, akan tetapi karena sudah melewati kapasitas yang ada pada akhirnya membuat kamar ataupun blok hunian menjadi penuh dengan melewati batas yang ada. Maka dari itu Kementrian Hukum dan HAM khusus nya Pemasyarakatan telah mengeluarkan berbagai solusi yang sudah di jalankan dalam rangka untuk mengurangi jumlah over kapasitas di Lembaga pemasyarakatan. Mengingat permasalahan over kapasitas ini merupakan hal yang tidak bisa di anggap kecil.


Keywords


Lembaga Pemasyarakatan, Over kapasitas

Full Text:

PDF

References


Kewenangan, S., Wilayah, K., & Hukum, K. (n.d.). Ham Dalam Upaya Penanganan Over Kapasitas Lapas. 3(12), 7–16.

Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2005). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi,Universitasn Brawijaya, Malang. 1(2), 181–187.

Sandra, V. (2016). Pengaruh Over Capacity Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Kinerja Pemasyarakatan Lapas Kelas Ii B Sleman.

Soponyono, Eko, 2015,Realitas Penjara Indonesia. Jakarta: Center for Detention Studies 2,Jakarta: Center for Detention Studies

Dwidja Priyanto, 2006, Sistem Pelaksanaan Pidana Penjara Di Indonesia, Penerbit PT. Refika Aditama, Bandung

Sandra, V. (2016). Pengaruh Over Capacity Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Kinerja Pemasyarakatan Lapas Kelas Ii B Sleman.

Ningtyas, Erina Suhestia, Abd. Yuli Andi Gani, Sukanto. Pelaksanaan Program Pembinaan Narapida Pada Lembaga Permasyarakatan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Kota Malang). Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 6

Saragih,Azhari.Peran Sipir Lembaga Permasyarakatan dalam Menanggulangi Tindak Pidana Kekerasan antar Sesama Narapidana.Skripsi.Fakultas Hukum: Universitas Sumatera Utara.

Sisitem Database Permasyarakatan.

http://smslap.ditjenpas.go.id/public/grl/current/monthly/kanwil/db5c8f20-6bd1-1bd1-ae4c-313134333039 Diakses pada 29 April 2021.

Syarat pemberian Asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak didik dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid 19

https://jakarta.kemenkumham.go.id/berita-pas/syarat-pemberian-asimilasi-dan-hak-integrasi-bagi-narapidana-dan-anak-didik-dalam-rangka-pencegahan-dan-penanggulangan-penyebaran-covid-19 di akses pada 2 mei 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.532-538

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.