ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN PERILAKU ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LPKA KLAS I PALEMBANG

Muhammad Suma Amaruz Yusti, Arisman Arisman

Abstract


Pada dasarnya, masa anak-anak merupakan masa yang tepat untuk membentuk perilakunya. Anak yang tumbuh pada lingkungan normal akan dengan mudah memperoleh akses untuk membentuk perilaku yang baik. Akan tetapi perlu perhatian khusus bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum, dalam menentukan perilakunya baik saat masih berada di dalam lembaga pembinaan atau bahkan saat sudah kembali ke masyarakat nantinya. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini untuk menganalisis perilaku Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Klas I Palembang dengan menggunakan Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan pencarian informasi melalui internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian  dengan menggunakan Analisis SWOT menunjukkan bahwa Anak Didik Pemasyarakatan tetap memiliki kesempatan untuk memperbaiki perilakunya menjadi lebih baik dan kelak dapat diterima oleh lingkungan. Hal ini dikarenakan perilaku anak merupakan sesuatu yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan merupakan suatu hal mutlak yang berasal dari anak itu sendiri.


Keywords


Analisis SWOT, Perilaku anak, ANDIKPAS

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E, B. 1980. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Indri Astuti, Anissa Mayang dan Shinta Ratnawati. 2020. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Magelang: Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 17, Nomor 2, 2020.

Maslihah, Sri. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan SubyektifAnak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Jakarta: Jurnal Psikologi Insight Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm 82-94.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta.

Sulistiani, Wiwik. 2009. Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Psikologi Kelautan-Kemaritiman. Vol. 3 No. 2. Surabaya :Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.523-531

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.