PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017

Mardiana Nasution, Uli Anto Hutagalung

Sari


Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara deskriftif yaitu dengan membuat suatu hasil-hasil penelitian secara sistematis dan terinci. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan angket. Waktu penelitian dilaksanakan ± 3 ( tiga ) bulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI dan sampelnya adalah kelas XI-1. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan tes dalam bentuk objektif. Setelah data- data yang dibutuhkan diperoleh maka data tersebut di olah dengan menggunakan rumus Kolerasi ganda yaitu :

rx.y_1.y_2=√((r^2 xy_1+r^2 xy_2-〖2rxy〗_1.〖rxy〗_2.〖ry〗_1 y_2)/(1-r^2 y_1 y_2 ))

Dari hasil perhitungan yang dilakukan di atas diperoleh harga rx.y1.y2 = 0,992 Jika angka indeks korelasi tersebut dikorelasikan dengan tabel “r” tabel Product Moment maka di dapat bahwa taraf signifikan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan n = 40 diperoleh 0,312. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai rx.y1.y2 hitung lebih besar daripada r tabel yakni: 0,992 > 0,312. Berdasarkan konsultasi ini, maka hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Maka dikatakan bahwa ada peningkatan minat dan prestasi belajar ekonomi peserta didik dengan menggunakan Metode Index Card Match di kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016 – 2017.

Kata Kunci: Index Card Match, Prestasi Belajar, Angkola Selatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi, 2006, Pengantar Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bumi Aksara

Astrapradja.M, 2005, Kamus istilah Pendidikan dan Umum, Surabaya: Usaha Nasional

Bukhari. M, 2008, Teori Minat, Jakarta: BumiAksara

Burhan, Bugin, 2009, Metodologi Kuantitatif, Jakarta: Kencana

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Standar Isi, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djaali, 2005, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Alfabeta

Hamdani, 2009, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Cipta

Hamidi, 2007, Metode Penelitian, Jakarta: Resda

Hamzah B.Uno, 2007, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hisyam Zaini, 2008, Pembelajaran Aktif, Jakarta: Aksara Timur,

Idris Shaffat, 2009, Optikized Learning Strategy, Jakarta: Prestasi Pustaka

Isjoni, 2007, Pembelajaran Aktif, Jakarta: AksaraTimur

M. Dalyono, 2004, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta Mulyasa,

Noor, 2011, Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.