ANALISIS SWOT UNTUK PENGEMBANGAN USAHA TELUR ASIN KARYA WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB WAY KANAN

Indra Setiawan Rosandi, Arisman Arisman

Abstract


Lembaga pemasyarakatan (LAPAS) merupakan tempat pelanggar hukum menjalankan masa pidana nya, Lapas tidak hanya menjadi tempat pembinaan narapidana (Warga Binaan Pemasyarakatan), tetapi juga menjadi salah satu tempat dihasilkannya  produk – produk berkualitas dan dapat bersaing dengan produksi masyarakat pada umumnya. Penelitian ini membahas untuk mengetahui bagaimana pengaruh factor internal dan factor external strategi SWOT untuk mengembangkan produksi telur asin hasil Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas II B Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan Kualitatif dengan menggunakan Teknik analisis internal factor evaluation (IFE) dan eksternal factor evaluation (EFE). Hasil Skor analisis faktor eksternal sebesar 2,705 dan skor analisis faktor internal sebesar 2,897 yang artinya produsen telur asin memiliki kekuatan dan peluang yang dapat menghadapi suatu ancaman dan kelemahan yang ada pada usaha telur asin di Lapas KelasII B Way Kanan


Keywords


Narapidana, Pengembangan usaha, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Firdaus, M. (2019). Analisis Strategi SWOT Untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Produsen Telur Asin Rumahan di Kecamatan Bonorowo Kabupaten Kebumen Tahun 2019. Oikonomia, 8(2), 223–230.

Ningtyas, E. (2013). Pelaksanaan Program Pembinaan Narapidana Pada Lembaga Pemasyarakatan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Lowokwaru Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(6), 1266–1275.

Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Analisis SOWT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yudiana, I. A., Cikusin, Y., & Sekarsari, R. W. (2019). Pembinaan Narapidana dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Malang). Jurnal Respon Publik: Journal Public of Administration, 13(5), 16–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.509-514

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.