ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KESED HASIL KARYA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B CILACAP

Tofik Nurhidayat, Arisman Arisman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dari produk hasil karya warga binaan dalam rangka pengoptimalan pembinaan kemandirian melalui kegiatan kewirausahaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT dengan memperhatikan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikann faktor-faktor kekuatan dan kelemahan organisasi dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menjabarkan faktor-faktor peluang dan ancaman organisasi. Dari hasil analisis didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan perolehan masing-masing 2,0625 pada skor kekuatan, artinya angka ini mempunyai kekuatan yang cukup kuat. 1,625 pada skor kelemahan, mengandung arti bahwa angka kelemahan lumayan rendah, dan peluang mempunyai skor 2,0625 berarti bahwa peluang cukup tinggi, serta skor ancaman 1,875 yang berarti ancaman tidak begitu tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap pada posisi kuadran I dan strategi yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif.


Keywords


Strategi Pemasaran, SWOT

Full Text:

PDF

References


Arditiya Bayu Prasetiyo. (2020). Manajemen Kegiatan Kerja Warga Binaan Pemasyarakatan dan Tahanan di Rumah Tahanan Kelas I Cipinang. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 79–93.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 58–70.

Darmadi. (2008). Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (Issue July).

Rahmayati. (2015). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika, 4(1), 60–67. https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/28

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Robbins, S. P., & Timothy A. Judge. (2013). Organizational Behavior (Sally Yagan (ed.); 15th ed.). Pearson Education, Inc.

Sayifuddin, A., & Murwandani, N. G. (2015). Pembinaan Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Lamongan Melalui Keterampilan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03(02), 127–136. http://arxiv.org/abs/1011.1669%0Ahttp://dx.doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.454-465

Article Metrics

Abstract view : 50 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.