UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI POKOK MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING KELAS VI SEMESTER GENAP SD NEGERI 153071 SIBABANGUN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Lailam Fajar

Sari


Melihat rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn difokuskan pada, 1). apakah penerapan metode bermain peran dengan model pembelajaran cooperative learning siswa Kelas VI SD Negeri 153071 Sibabangun 1 dapat meningkatkan keaktifan belajar PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas VI SD Negeri 153071 Sibabangun 1 ? 2). Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas VI SD Negeri 153071 Sibabangun 1 ?.1).Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk Mencari informasi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2.) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa terhadap pengambilan keputusan bersama siswa kelas VI SD Negeri 153071 Sibabangun 1.Prosedur penelitian ini meliputi 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 153071 Sibabangun 1, dengan obyek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri atas 12 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran model pembelajaran cooperative learning melalui penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan prosentase tiap siklus, sebelum perbaikan pembelajaran ada 12 siswa atau 52% dari 23 siswa. Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus I meningkat, siswa yang nilainya 75 keatas menjadi 16 atau 69% dari 23 siswa dan pada perbaikan Siklus II menjadi 22 siswa atau 96 %.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Bermain Peran, Model Cooperative Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aswani, Zaenul,2004, Tes dan Asesmen di SD, Jakarta, Universitas Terbuka.

Andayani, dkk. 2010, Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta, Universitas Terbuka.

Denny, Setyawan, 2005, Komputer dan Media Pembelajaran, Jakarta, Universitas Terbuka.

Gatot, Muhsetyo, Drs. M.Sc, dkk, 2007, Pembelajaran PKn, Jakarta, Universitas Terbuka.

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta, Universitas Terbuka.

Pranaja S dkk, Buku Fokus PKn untuk SD Kelas VI, Jakarta, Sindutama.

Sriwilujeng,Dyah, Buku PKn untuk SD Kelas VI, Jakarta, Esis.

Samsudin, Abin, 2004, Profesi Keguruan 2, Jakarta, Universitas Terbuka.

Suciati, Drs. Dkk, 2004, Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K, 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka.

Wahyudi Duin, Supaiyati, Ishak, Abduhak, 2001, Pengantar Pendidikan, Jakarta, Universitas Terbuka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.