PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI POKOK PELAKU EKONOMI DALAM SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Muhaira Muhaira, Rajab Ansari

Sari


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbandingan antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran talking stick dengan prestasi belajar IPS Ekonomi Pada Materi pokok pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2016-2017”? tujuan penelitian ini adalah :Untuk mengetahui prestasi belajar IPS Ekonomi menggunakan model pembelajaran example non example dan talking stick pada materi pokok pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Selatan Tahun Pelajran 2016-2017. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif, yaitu penelitian yang bersifat membandingkan variabel yang satu dengan variabel yang lain terhadap objek yang berbeda. Ada perbandingan penggunaan model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran talking stick Terhadap Prestasi Belajar IPS Ekonomi Pada Materi Pokok Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia Tahun Pelajaran 2016-2017.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto Suharsimi, 2009. Manajemen Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cifta

Agus Supriyono, 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

B. Uno Hamzah, Mohammad Nurdin, 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem, Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto, 2010. Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Rineka Cipta

David Indrianto danApriani, Atik, 2010. Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example. Sumedang:FKIP PGMI. IKIP PGRI

Gagne,2012Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta:Rineka Cipta

Huda Miftahul, 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istarani, 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Kunandar, 2007. Guru Profesional/Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Kompetensi (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kurniadi Hary, 2010. Model Pembelajaran Examples Non Examples, Jakarta : RinekaCipta

Mulyasa,2015.Ensiklopedi Pendidikan,Medan,MediaPersada

Nasution. S, 2007. Pengembangan Kurikulum,Bandung : Alumni

Nurbako Cholid, 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Jakarta: Rineka Cipta

Ruhimat Mamat, 2006. IPS Untuk Kelas VII, Bandung Grafindo Media Pratama

Safri, 2012. Pengantar Pendidikan,Padang : Sukabina Press

Sagala Syaiful, 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Bandung: Alfabeta

Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjana Nana, 2010. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Tindakan Guru, Jakarta:Rajawali Pers

Sugiyono, 2004. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : CV Alfabeta

Sukandi Ujang, 2007. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta : Prestasi Pustaka

Suyatno, 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.