PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PINANGSORI KABUPATEN TAPANULI TENGAH PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Horas Sitompul

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomii siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pinangsori dengan Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiri. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase perolehan skor Motivasi Belajar Ekonomi dengan skor maksimal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Inquiri sudah diterapkan dengan baik. (2) Respon siswa kelas XI IPS 1 terhadap Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Model Pembelajaran Inquiri menunjukkan respon positif dibuktikan dengan skor respon sebesar 81,02%. (3) Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pinangsori Tahun Ajaran 2017/2018, pada perhitungan hasil observasi terjadi peningkatan Motivasi Belajar Ekonomi pada siklus I sebesar 73,55% dan siklus II sebesar 85,12%, peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 11,57%. Dengan cross check dilakukan melalui angket yang didistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan siklus I sebesar 74,04% dan siklus II sebesar 82,72%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sebesar 8,68% .
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiri, Peningkatan Belajar Ekonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burton, W.H. dan H.C. Witherington. (1986), Teknik-Teknik Belajar dan Mengajar, Bandung: Jammars.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Djudju. (2000) Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah, 2000.

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru.

Sudjana, Nana. (1995) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryadi, Ace dan H.A.R. Tilaar. (1993). Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syah, Muhibbin. (2003) Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wartono. (1996) Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Akrab Lingkungan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir dan Meningkatkan Hasil belajar Siswa dalam Bidang Sains di Sekolah Dasar. (Disertasi) Tidak Diterbitkan. Bandung; PPS IKIP......, (2014). Modul Penelitian Tindakan Kelas PLPG Rayon 126 Universitas.

DEPDIKBUD. (2013) Permendikbud No. 64 Tentang Standar isi Pendidikan Dasar dan Menengah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.