PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TCREATIVE CASE STUDY (SCCS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI DENGAN MATERI POKOK PERBANKAN PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Nur Indah Sari Gulo, Benny Sofyan Samosir, uli anto

Abstract


Model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) apakah dapat dipergunakan untuk memotivasi belajar bidang studi ekonomi dengan materi pokok perbankan peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017.”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) dalam belajar bidang studi ekonomi dengan melalui materi pokok perbankan. Dan untuk melihat sejauh mana motivasi belajar peserta didik dengan penggunaan model pembelajaran Student Creative Case Study (SCCS) pada bidang studi ekonomi. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) adalah dilakukan dengan melalui penelitian dilapangan secara langsung dengan melalui penyebaran angket dan wawancara bila diperlukan dan observasi, dan Penelitian Lapangan (Field Research) yaitu dilakukan melalui penelitian perpustakaan dan buku-buku leteratur, brosur, yang berkenaan dengan judul penulis. Sedangkan jenis penelitiannya adalah asosiatif: “Suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Sedangkan populasi penelitian adalah 68 orang peserta didik, sebagai sampel adalah kelas X.1 dengan jumlah 35 peserta didik dengan mempergunakan perhitungan secara product moment oleh Person Kata Kunci: Product Moment, Student Creative Case Study, Model Pembelajaran

References


Arikunto Suharsimi, 2009, Menejemen penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipt

Arikunto Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta Black James A. dan Dean

J. Champion, 2005, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Wacana Prima

Eeng Ahman Ehman,2008, Ekonomi Kelas X, Bandung: Grafindo Media Pratama

Gulo.W, 2005, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia

Haidir & Salim, 2014, Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Mulya Sarana

Hamalik Oemar, 2005, Proses Belajar Mengajar. Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara

Hilgard, 2008, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mustaqim dan Abdul Wahid, 2005, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Remaja Rosdakarya

Mel Silberman. Mel, 2006, Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Yappendis, Dicetak Bumimedia

Nasution.S, 2005, Belajar Dan Mengaja, Jakarta: Bumi Aksara

Nurbako Cholid, 2007, dkk, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto Ngalim, 2014, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Robbins Anthony,2012, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rahardja Rahardja dan Mandala Manurung, 2008, Pengantar Ilmu Ekonomi, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Uversitas Indonesia

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta , 2009, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta. , 2009,Peranan Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjono Anas, 2005, Pengantar StatistikPendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Presada

Slameto, 2006, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Surjadi, 2009, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

S.B.Djamarah, dan Aswan, Z, 2006 Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sanjaya Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media

Sumarni Murti dan Salamah Wahyuni, 2006, Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbt Andi.

Sukardi, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktinya, Yogyakarta: Bumu Aksara

Surakhmad Wianrno, 2004, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Kencana

Sardiman.AM, 2011, Teori Motivasi dan Pengukurannnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Yamin Martinus, 2007, Kiat Membelajarkan Peserta Didik, Jakarta: PT Gaung Persada Pers


Article Metrics

Abstract view : 994 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 559 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.