METODE BELAJAR DISKUSI DAN MIND MAPPING DIPILIH KARENA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DAN MINAT PELAJAR PADA BIDANG STUDI SOSIOLOGI SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

sahru romadona

Abstract


Permasalahan dan kendala yang dialami para pelajar SMA Negeri 8 Padangsidimpuan pada saat belajar sosiologi terletak pada kebiasaan atau tingkah laku dan dalam cara berpikir. Sebagai pemecahan masalah pengajar mempersilahkan pelajar untuk bebas memilih metode belajar apa saja yang mereka inginkan dan mereka kuasai agar dapat memenuhi standar nilai di sekolah. Apabila para pelajar telah menguasai metode belajar yang mereka pilih maka otomatis para pelajar akan mendapatkan manfaat dari metode belajar yang telah digunakan tersebut. Manfaat akan dirasakan pada saat belajar, saat ulangan harian, dan saat ujian, yaitu mampu menguasai materi sosiologi yang di bahas dan dapat menjelaskan kembali materi tersebut. Daam penelitian ini, pengajar menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan metode deskriptif pengajar sekaligus peneliti akan memaparkan proses dan hasil belajar para pelajar dengan masing-masing metode belajar yang digunakan. Kata Kunci: Metode Belajar, Minat, Bakat

References


Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Umar, Tirtarahardja, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Wuradji, Urgensi Pendidikan Dalam Pembangunan Bangsa, Jakarta : Pustaka Nasional, 2007

W.S., Winkel, Pembelajaran dan Proses Penilaiannya, Jakarta : Depdiknas, 2004

Zaini, Hasyim, Pembelajaran Aktif, Semarang : Unnes, 2007


Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.