PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Muhammad Ali

Abstract


Berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah dan supervisi yang dilakukan terhadap guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, ditemukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun RPP melalui Supervisi akademik di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang guru di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaa Pembelajaran di SMAN 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Hal ini dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata RPP yang dibuat oleh guru juga mengalamin peningkatan yaitu pada siklus 1 rata-rata nilai 70,10 dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,5. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Supervisi Akademik.

References


Arikunto,S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik . (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1992). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuriah. (2003). Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Malang : Banyu Publishing


Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 320 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.