PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPNEGERI 4 BATANG ANGKOLA

yusmiati yusmiati

Abstract


Berdasarkan pengamatan dan wawancara yang penulis lakukan terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 14Batang Angkola, ternyata bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih belum memuaskan. Fenomena ini diduga berhubungan dengan penguasaan kompetensi profesional guru di dalam melaksanakan tugasnya.Penguasaan kompetensi guru akan menimbulkan persepsi siswa terhadap kompetensi guru tersebut. Masalah penelitian ini adalah; “Apakah persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 70 siswa. Sampel ditetapkan secara keseluruhan, jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Alat pengumpul data yang penulis lakukan adalah angket yang berisi daftar pertanyaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, dan dokumentasi berupa daftar kumpulan nilai siswa. Rumus yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah rumus product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PKn berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Batang Angkola sebesar 37,69 %. Kata Kunci: Perseppsi Siswa, Kompetensi Profesional Guru PKN, Hasil Belajar

References


Abdurrahman, 2005. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Anni Chaterina Tri, 2006, Psikologi Belajar, Semarang: PT Unnes Press.

Arikumto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Sukses Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Jakarta: Diva Press

Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.

Dalyuno, 2007. Psikologi Pendidikan. Semarang. PT. Unes Press.

Daryono, M. 2008. Pengantar Pendidikan Kewargenegaraan. Jakarta.: Rineka Cipta.

Hamalik Umar. 2009 Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Husanah. 2011. Jurus Cerdas Menjadi Guru Makmur dan Banyak Penghasilan. Jogyakarta: Interprebook.

Irianto, Agus. 2009. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta.Kencana.

Irwanto. 1989. Psokilogi Sosial. Jakarta: Bina Aksara.

Kartono, Kartini. 1986. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Alumni.

Kusnandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: Pustaka Pelajar Ofset.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta. PLPTK.

------------------. 1989. Antropologi Budaya Suatu Pengantar. Jakarta PLPTK.

Margono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Munandar. 2009. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta: Pustaka Publisher.

Nasir.M., 2002. Belajar Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2004. Didaktik dan Asas-Asas Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Purwanto, M.Ngalim. 1986. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: CV. Remaja Karya.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Rahmad Jalaluddin. Psokilogi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rizali, Ahmad, Dkk. 2009. Dari guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta. PT. Grasindo.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Gurudan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Ofset

Soemantri. 2004. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia,

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raka Grafindo Persada.

Sudjana. 1984. Statistika. Bandung. Tarsito.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sujana, Nana. 2009.Guru Profesional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional

Sumarno. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuntitatif. Jogyakarta: Pustaka Pelajar Ofset.

Syam, Mohammad Noor. 1986. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Kependidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional.

Usman, Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Ofset.

Wahab, Abdul Azis dan Sapriya. 2011. Teori Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Perundang-Undangan :

Amandemen Undang-Undang Dasar 1945. 2006 Jogyakarta diperbanyak oleh Media Pressindo.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta. Diperbanyak oleh CV. Medya Duta.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. 2005. Jakarta. Depertemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.