PERAN GURU DALAM PROSES PENDIDIKAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA)

(1) * Zenitha Ayu Hanestya Mail (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai bagaimana peran guru dalam pelaksanaan program pendidikan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA dan hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian  kualitatif dimana penulis langsung terjun kelapangan dan mendapatkan data dengan cara bertemu langsung dengan sumber yang akan dijadikan obyek penelitian yaitu Anak Didik Pemasyarakatan. Dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam proses pendidikan di LPKA yaitu sebagai pendidik, motivator, evaluator, dan orangtua bagi anak didik pemasyarakatan di LPKA. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat dua macam hambatan yaitu hambatan yang berasal dari dalam LPKA (internal) dan hambatan yang berasal dari luar LPKA (eksternal).

 


Keywords


Guru, Pendidikan, Anak Didik Pemasyarakatan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.221-227
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i1.2021.221-227 Abstract views : 1106 | PDF views : 1350

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Carl R, Rogers & Freiberg H, Jerome. 1994. Freedom to learn. Pearson.

Ernawati, Warida. 2008. EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta : Kawan Pustaka.

Makmun Abin, Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.

M, Hariwijaya & M. Djaelani, Bisri. 2008. Teknik Menulis Skripsi dan Tesis Disertai Contoh Proposal Skripsi. Yogyakarta : Hanggar Kreator.

W.S, Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.

Tahun Pemasyarakatan Mengukir Citra Profesionalisme. 2004. Jakarta : Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Christopher, Murray. 2009. Parent and Teacher Relationships as Predictors of School Engagement and Functioning Among Low-Income Urban. Youth: Journal of Early Adolescence : 380.

Aydilla, Siti Viona. 2010. Peran Guru dalam Proses Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Palembang. Karya Tulis Akhir. Tidak Dipublikasikan. Depok : Akademi Ilmu Pemasyarakatan.

Sukmaningsih, Dewi. 2009. peranan guru dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan formal dasar anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Pria Tangerang. Karya Tulis Akhir. Tidak Dipublikasikan. Depok : Akademi Ilmu Pemasyarakatan.

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1995 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.