
*corresponding author
AbstractTulisan ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai bagaimana peran guru dalam pelaksanaan program pendidikan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA dan hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana penulis langsung terjun kelapangan dan mendapatkan data dengan cara bertemu langsung dengan sumber yang akan dijadikan obyek penelitian yaitu Anak Didik Pemasyarakatan. Dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam proses pendidikan di LPKA yaitu sebagai pendidik, motivator, evaluator, dan orangtua bagi anak didik pemasyarakatan di LPKA. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat dua macam hambatan yaitu hambatan yang berasal dari dalam LPKA (internal) dan hambatan yang berasal dari luar LPKA (eksternal).  KeywordsGuru, Pendidikan, Anak Didik Pemasyarakatan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.221-227 |
Article metrics10.31604/jips.v8i1.2021.221-227 Abstract views : 1106 | PDF views : 1350 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Carl R, Rogers & Freiberg H, Jerome. 1994. Freedom to learn. Pearson.
Ernawati, Warida. 2008. EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta : Kawan Pustaka.
Makmun Abin, Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.
M, Hariwijaya & M. Djaelani, Bisri. 2008. Teknik Menulis Skripsi dan Tesis Disertai Contoh Proposal Skripsi. Yogyakarta : Hanggar Kreator.
W.S, Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.
Tahun Pemasyarakatan Mengukir Citra Profesionalisme. 2004. Jakarta : Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.
Christopher, Murray. 2009. Parent and Teacher Relationships as Predictors of School Engagement and Functioning Among Low-Income Urban. Youth: Journal of Early Adolescence : 380.
Aydilla, Siti Viona. 2010. Peran Guru dalam Proses Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Palembang. Karya Tulis Akhir. Tidak Dipublikasikan. Depok : Akademi Ilmu Pemasyarakatan.
Sukmaningsih, Dewi. 2009. peranan guru dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan formal dasar anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Anak Pria Tangerang. Karya Tulis Akhir. Tidak Dipublikasikan. Depok : Akademi Ilmu Pemasyarakatan.
Undang-Undang Dasar 1945
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1995 tentang Guru dan Dosen.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.