MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA NAMLEA KABUPATEN BURU

Rahma Satya Masna Hatuwe, Kurniati Tuasalamony, Susiati Susiati, Andi Masniati, Salma Yusuf

Abstract


Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk 1) mengindentifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial masyarakat di Desa Namlea Kabupaten Buru; 2) mengidentifikasi pengaruh modernisasi terhadap perubahan sosial masyarakat di Desa Namlea Kabupaten Buru. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan sosiologi. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder dengan sumber data berasal dari masyarakat desa Namlea. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik observasi partisiatif, interview (wawancara), dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk-bentuk perubahan sosial masyarakat di Desa Namlea Kabupaten Buru, yakni a) Perubahan sosial berdasarkan waktu di antaranya perubahan Sosial yang berlangsung Lambat; perubahan sosial yang berlangsung cepat. Perubahan sosial yang berlangsung lambat pada masyarakat desa Namlea tidak ditemukan. Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa Namlea sangat cepat. Pola pikir salah satu penyebabnya. Sementara, perubahan sosial yang berlangsung cepat meliputi ada keinginan dari masyarakat untuk mengadakan perubahan. b) perubahan sosial berdasarkan sudut pandang masyarakat meliputi perubahan yang dikehendaki; perubahan yang tidak dikehendaki. c) perubahan sosial berdasarkan pengaruh di antaranya perubahan sosial kecil; perubahan sosial menengah; d) perubahan sosial berdasarkan perkembangan, yakni perubahan sosial progress; perubahan sosial regress. 2) pengaruh modernisasi pada masyarakat di Desa Namlea, yakni pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh positif modernisasi terlihat dalam beberapa bidang, yakni bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya. Sementara, masyarakat desa Namlea selalu memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu dapat diperhitungkan.


Keywords


modernisasi, perubahan sosial, masyarakat, namlea, kabupaten buru

Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (2015). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bungin, B. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana.

Jefta, L. (2015). Sosiologi Pedesaan Mencari Strategi Pembangunan Masyarakat Desa Berparadigma Ganda. Yogyakarta: Andi Offset.

Lumintang, J. (2015). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pembangunan Masyarakat Di Desa Tara-Tara I. Jurnal Acta Diurna, IV(2), 1-9.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, Poskolonial. Jakarta: Rajawali Pers.

Rajanbar, J. (2006). Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar . Bogor: Ghalia Indonesia.

Rosana, A. (2011). Modernisasi dan Perubahan Sosial. Jurnal TAPIs, 7(12), 31-47.

Rosana, A. (2015). Modernisasi dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jurnal Al-AdYaN, X(1), 67-82.

Soekanto, S. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharto, E. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung: Refika Aditama.

Susiati, S. (2018). Homonim bahasa kepulauan tukang besi dialek kaledupa di kabupaten wakatobi [the homonymon of tukang besi island languange in kaledupa dialect at wakatobi regency]. Totobuang, 6(1), 109, 123.

Suwarsono, & Y.S.O., A. (1991). Perubahan Sosial dan Pembangunan di Indonesia, Teori Modernisasi, Dependensi dan Sistem Dunia. Jakarta: LP3ES.

Wesa, A., & Suryono, Y. (2014). Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Peserta Pelatihan Kelompok Prakoperasi di Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 149-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.84-96

Article Metrics

Abstract view : 7205 times
PDF - 6624 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.