ANALISIS BUDAYA ORGANISASI, FASILITAS, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SD SWASTA PENDIDIKAN RAUDHATUL JANNAH KECAMATAN SUNGGAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, fasilitas, dan motivasi terhadap kinerja guru di SD Swasta Pendidikan Raudhatul Jannah. Pendekatan kuantitatif digunakan sebagai Teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 guru dengan menggunakan Teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, fasilitas dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru dengan Fhitung sebesar 33.085 dan Ftabel sebesar 2.98 masing-masing dengan nilai lebih kecil dari 0.05 dan signifikansinya lebih rendah dari 0.000. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan budaya organisasi, penyediaan fasilitas yang memadai dan pemberian motivasi yang tepat dapat meningkatkan kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori Konsep dan Indikator. Pekan Baru. Edisi 1. Ed.Zanafa
Barnawi ; M. Arifin ; Meita Sandra.Strategi Dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter / Barnawi, M. Arifin; Editor: Meita Sandra .2016.
Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen SDM. In Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia (pp. 49–50).
Dimyati ; Mudjiono.Belajar Dan Pembelajaran / Dimyati, Mudjiono .2015 Erlangga, A., & Imran, A. (2013). The Effect of Training on Employee Performance.
European Journal of Business and Management, 5(3), 137-147.
Ghozali, Imam.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 / Ghozali, Imam .2018
Moenir, H.A.S.Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia / H.A.S. Moenir .2016 Rusiadi, et al, (2017). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan : USU Pressf
Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515
Busro, M. (2020). Teori-Teori Manajemen SDM. In Teori-teori Manajemen Sumber Daya
Hayati, F., & Junani, B. L. (2023). Daya Guna Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah (Studi di MIS Nurus Salam, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang). Journal on Education, 5(3), 9183–9188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1722
Hidayat, I. M. & A. (2016). Ara Hidayat_Handbook of Education Management.pdf. http://digilib.uinsgd.ac.id/30325/1/Ara Hidayat_Handbook of Education Management.pdf
Suastika, N., Sedana, M., Gata, W., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2022).
Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai-nilai Tri Hita Karana dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Gugus VIII Kecamatan Sawan.
JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 1–10. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurdiksca
Suhrawardi, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Fikrotuna, 12(02), 4053–4063. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4170
Suratno, J., Si, M. P., Saidi, S., Afandi, A., & ... (2021). Jurnal Pendidikan Guru Matematika. Jurnal …, 2(1), 111–120. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3272545&val=28735&titl e=Kover Dewan Redaksi Daftar Isi Vol 2 No 3 September 2022
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5201-5209
Article Metrics
Abstract view : 211 timesPDF - 74 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.