PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KETERBUKAAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING

Lili Wahyuni, Nidia Anggreni Das, Lestari Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2021-2023. Islamic Social Reporting merupakan salah satu bentuk pelaporan sosial yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan mencakup informasi mengenai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai dengan syariat Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di JII pada tahun 2021-2023. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, yang menghasilkan total 60 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting. Hal ini dibuktikan oleh nilai t hitung sebesar |1,402| yang lebih kecil dari nilai t tabel |2,04841|, serta nilai signifikansi sebesar 0,172 yang lebih besar dari 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor kepemilikan institusional belum cukup kuat untuk mempengaruhi perusahaan dalam meningkatkan pengungkapan ISR. Penelitian ini memberikan implikasi bagi perusahaan dan investor untuk memahami bahwa ada faktor lain yang perlu diperhatikan dalam mendorong peningkatan pelaporan ISR.

Keywords


Islamic Social Reporting, Kepemilikan Institusional, Jakarta Islamic Index (JII)

Full Text:

PDF

References


Bawandi, I. P. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fajriyanti, N. D. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan, dan Umur Perusahaan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahayu, T. P., & Budi S., A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2010-2013. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 109. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8644.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Kuantitatif. Pascal Books.

Lestari, D. D. A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) 2014-2019). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Muslimah, M. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Deviani, R., & Kusuma, H. (2019). Apa determinan tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting bank umum syariah Indonesia. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 5(1), 34–41. https://doi.org/10.20885/jeki.vol5.iss1.art5.

Ramadhanty, E. M. (2022). Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, Profitabilitas, Likuiditas, dan Surat Berharga Syariah dalam Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2016-2020. Universitas Islam Negeri Walisongo .




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5180-5184

Article Metrics

Abstract view : 164 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.