PEMAKNAAN PERAN IDOL K-POP PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP

Dzar Fahiemah El Faiqah, Kurniati Zainuddin, Perdana Kusuma

Abstract


K-Pop menjadi lebih populer selama pandemi COVID-19 karena banyak orang merasa stres saat isolasi mandiri, menjadikannya sebagai sumber hiburan dan "pelarian." Selain itu, popularitas K-Pop berdampak besar pada kehidupan pribadi beberapa penggemar dewasa awal, yang mencari idola mereka sebagai inspirasi, motivasi, dan dorongan untuk melanjutkan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan peran idol K-Pop pada perempuan dewasa awal penggemar K-Pop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang perempuan dewasa awal yang merupakan penggemar kpop selama minimal 3 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara mendalam. Hasil analisis data dari penelitian ini dapat dibagi menjadi lima: (1) hubungan parasosial di mana penggemar merasa dekat dengan idol mereka, (2) lagu-lagu K-Pop memberikan kenyamanan, dukungan emosional, dan inspirasi, (3) K-Pop membantu penggemar bangkit dari masa sulit, dan (4) idol berfungsi sebagai sumber inspirasi dan motivasi melalui perjuangan, lirik positif, pesan langsung, dan dukungan komunitas. Implikasi pada penelitian ini adalah agar masyarakat dapat menilai dampak positif atau negatif dari fandom K-Pop terhadap kesejahteraan emosional dan mental para penggemarnya.

Kata Kunci: Pemaknaan, Peran, Penggemar K-Pop, Perempuan


Full Text:

PDF

References


Almaida R., Sandy A. G., and Adinda A. L. 2021. “Dinamika Psikologis Fangirl K-Pop.” Cognicia 9 (1): 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059.

Amanda, N. A. J. (2022). Analisis Fenomena Fandom K-Pop dalam kajian Hubungan Parasosial: Literatur Review. Jurnal Psimawa: Diskursus Ilmu Psikologi dan Pendidikan, 5(2), 86-90.

Amalia, Y. F., & Tranggono, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Remaja Pada Budaya Korean Pop di Kota Surabaya. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 299-310.

Anindyasari, Y., & Kusumasondjaya, S. (2019). Pengaruh Interaksi Parasosial Terhadap Hubungan Parasosial, Kredibilitas Endorser Dan Niat Beli Penggemar Syahrini Terhadap Produk Kosmetik Di Media Instagram. Arthavidya Jurnal Ilmiah Ekonomi, 21, 124-34.)

Ayu, F. S., & Kusmawati, A. (2024). Perilaku Sosial Remaja Akhir Di Komunitas Nctzen Terhadap Korean Pop (Kpop). Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 253-265.

Dewi, D. P. K. S., & Indrawati, K. R. (2019). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 291.

Liputan6. (2022, 14 Mei). Remaja Makin Kesengsem dengan Artis K-Pop Selama Pandemi Covid-19. Diakses pada (https://www.liputan6.com/health/read/4962608/remaja-makin-kesengsem-dengan-artis-k-pop-selama-pandemi-covid-19)

Mubarock, W. F. (2021). Analisis Psikologi Tokoh dalam Naskah Drama Pinangan Karya Anton P. Chekhov Saduran Jim Lim Suyatna Anirun dengan Pendekatan Psikologi Analitis Carl Gustav Jung serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 1(1), 23-28.

Munica, R. (2021). Gambaran Celebrity Worship Terhadap Idola-Kpop pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 90-98.

Rani, A. S. (2022). HOW IS THE HABITUS OF K-POP FANS IN PEKALONGAN.

Ri’aeni, Ida, Musiam Suci, Mega Pertiwi, and Tias Sugiarti. 2019. “Pengaruh Budaya Korea (KPop) Terhadap Remaja Di Kota Cirebon.” Communications. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/9460/6798.

Rizaty, M. A (2022, 5 Juni). Wabah K-pop Makin Menyebar di Dunia. Diakses pada: (https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/629c0aa18d034/wabah-k-pop-makin-menyebar-di-dunia)

Sakina A. R. (2020, 29 Desember). Korean Wave di Indonesia saat Pandemi Covid-19. Diakses pada: (https://kumparan.com/rizqia-sakina/korean-wave-di-indonesia-saat-pandemi-covid-19-1usGiUzBJvL)

Sakinah R. N., Syofiyah H., and Yona W. 2022. “Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda Di Indonesia.” Journal on Education 5 (1): 735–45. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653.

Setiawan, K., & Said, N. F. A. (2022). Konstruksi Makna Hipokrit pada Lagu Spine Breaker Karya Boy Band BTS. Promusika, 10(2), 66-77.

Wardani, E. P., & Kusuma, R. S. (2021). Interaksi parasosial penggemar k-pop di media sosial (studi kualitatif pada fandom army di twitter). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 243-260.

Widiasari, Yuki, and Sartini Nuryoto. 2010. “Dinamika Psikologis Pencapaian Successful Aging Pada Lansia Yang Mengikuti Program Yandu Lansia.” Psyco Idea 8 (1): 38–52. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/227.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5119-5126

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.