HUBUNGAN ANTARA SCHOOL CLIMATE DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA SMA SEDERAJAT DI KOTA BUKITTINGGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara school climate dengan perilaku agresif siswa SMA sederajat di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik cluster sampling, di mana 336 siswa diambil sebagai sampel dari beberapa sekolah di Kota Bukittinggi. Alat ukur yang digunakan terdiri dari skala untuk mengukur school climate yang mengacu pada teori Gage et al. (2014) dan skala perilaku agresif berdasarkan Warburton dan Anderson (2015). Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara school climate dan perilaku agresif dengan nilai r = -0.647 dan sig = 0.000. Ini mengindikasikan bahwa semakin positif school climate yang dirasakan siswa, semakin rendah perilaku agresif yang ditunjukkan. Penemuan ini menunjukkan pentingnya menciptakan school climate yang positif untuk mengurangi perilaku agresif di kalangan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akman, Y. (2021). The Relationship between School Climate and Students' Aggressive Behaviors. International Journal of Progressive Education, 17(2), 430-448.
Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93-99.
Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 26-42.
Bushman, B. J., & Anderson, C. A. (2001). Is it time to pull the plug on hostile versus instrumental aggression dichotomy?. Psychological review, 108(1), 273.
Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of personality and social psychology, 63(3), 452.
Data Pokok Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usian Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 2024
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal istighna, 1(1), 116-133.
Efianingrum, A. (2015). Mengurai Akar Kekerasan (Bullying) Di Sekolah. Jurnal Dinamika.
Gage, N. A., Prykanowski, D. A., & Larson, A. (2014). School climate and bullying victimization: a latent class growth model analysis. School psychology quarterly, 29(3), 256
Godwin, R. K., & Kemerer, F. R. (2002). School choice tradeoffs: Liberty, equity, and diversity. University of Texas Press.
Halpin, A. W., & Croft, D. B. (1963). The organizational climate of school. Chicago, IL: Midwest Administration Center, University of Chicago
Hoy, W. K., & Sabo, D. J. (1998). Quality middle schools: Open and healthy. Corwin Press, Inc., 2455 Teller Road, Thousand Oaks
Li, Z., Yu, C., & Nie, Y. (2021). The association between school climate and aggression: a moderated mediation model. International journal of environmental research and public health, 18(16), 8709.
MacNeil, A. J., Prater, D. L., & Busch, S. (2009). The effects of school culture and climate on student achievement. International Journal of leadership in Education, 12(1), 73-84.
Monrad, M. D., Sarah, G., & Distefano, C. (2009). Hubungan Antara Iklim Sekolah Dan Kinerja Sekolah. Carolina Selatan Pendidikan Kebijakan Pusat Di Universitas Of South Carolina
Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku agresif siswa dari keluarga broken home. Konselor, 5(4).
Rahmadani, E. D. A., & Fikry, Z. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresif pada Siswa Sma Pembangunan Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2495-2501.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum, dalam lintasan sejarah, Penerbit Pustaka setia.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Susanto Ahmad., (2018) Bimbingan dan konseling di sekolah : konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia
Thapa, A., Cohen, J., Guffey, S., & Higgins-D'Alessandro, A. (2013). A review of school climate research. Review of Educational Research, 83(3), 357-385.
Umaroh, S. K. (2017). Agresivitas siswa ditinjau berdasarkan iklim sekolah dan keyakinan normatif mengenai agresi. Jurnal Ecopsy, 4(1), 17-24.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2020). Pengantar Statistika (Edisi Ketiga): Cara Mudah Memahami Statistika. Bumi Aksara.
Vasudewa, P. R & Setuningsih, N., (2023, Oktober 10) KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023, 861 di Lingkungan Pendidikan. Kompas.com
Wang, Z., Yu, C., Zhang, W., Chen, Y., Zhu, J., & Liu, Q. (2017). School climate and adolescent aggression: A moderated mediation model involving deviant peer affiliation and sensation seeking. Personality and Individual Differences, 119, 301-306.
Warburton, W. A., & Anderson, C. A. (2015). Aggression, social psychology of. International encyclopedia of the social & behavioral sciences, 1(2), 373-380.
Widodo, D. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wiryono, S & Setuningsih, N (2023, Oktober 04) FSGI Merilis Terjadi 23 Kasus Perundungan di Sekolah Sepanjang 2023, 2 Korban Meninggal. Kompas.com
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5099-5106
Article Metrics
Abstract view : 119 timesPDF - 24 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.