PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI DEGRADASI MORAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Degradasi moral di kalangan pelajar semakin menjadi isu serius dalam dunia pendidikan. Salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan PKn dalam menghadapi degradasi moral di lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan metode yang terstruktur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data dari berbagai sumber di perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menangani degradasi moral di kawasan sekolah. Hasil penelitian ini ialah pendidikan kewarganegaraan dapat mengurangi degradasi moral dan membentuk generasi yang lebih bertanggung jawab serta beretika. Hal ini akan menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan hak dan kewajiban, sehingga mereka dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan dan bangsa. Melalui penerapan nilai-nilai kewarganegaraan, diharapkan individu-individu ini akan memiliki karakter yang kuat dan integritas tinggi, yang pada akhirnya dapat memperkuat tatanan sosial di masyarakat. Dengan demikian, diperlukan peran serta seluruh pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan lingkungan sekolah, untuk memperkuat implementasi nilai-nilai yang diajarkan dalam PKn guna menghadapi tantangan degradasi moral di kalangan pelajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.
Fadia, S., Fitri, N., & Dewi, D. A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA GLOBALISASI DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL. Ensiklopedia of Journal PENTINGNYA, 3(3), 96–102.
Imron Fauzi, & Srikantono. (2013). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Civic Education). Jember. SUPERIOR “Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial".
Jaelani, W. R., & Dewi, D. A. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menghadapi Degradasi Moral di Lingkungan Sekolah. Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Humaniora, 4(1), 1–6.
Janah, M. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB DEGRADASI MORAL SOPAN. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–55.
Parnawi, A., & Ahmed Ar Ridho, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209
Sabrina, G. M., Mareta, D. S., & Hayati, K. R. (2024). PERAN KARANG TARUNA DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCEGAH DEGRADASI MORAL Giovani. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 3(10).
Sari, M., & Asmendri. (2020). PenelitianKepustakaan (Library Research) dalam Penelitian PendidikanIPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Sinaga, O., Gandamana, A., & Kewarganegaraaan, T. D. P. (2022). Pendidikan Kewarganegraan Untuk Perguruan Tinggi. Medan. CV. Harapan Cerdas.
Sitorus, R. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Journal of Education Action Research, 5(1), 10–16.
Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 437–445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335
Zamasi, H. J., Lase, F., & Bawamenewi, A. (2023). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Moralitas Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 266–272.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318
Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2021). Peran PKn dalam membentuk warga negara berPancasila. Civicos: Journal Civics & Social Studies, 5(1), 24–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5065-5071
Article Metrics
Abstract view : 114 timesPDF - 49 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.