HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN APPROACH COPING AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Nur habibah, Yolivia Irna Aviani

Abstract


Konsep diri merupakan persepsi individu tentang dirinya sendiri yang berperan penting dalam menentukan sikap dan perilaku. Mahasiswa dihadapkan pada berbagai masalah akademik yang memerlukan approach coping akademik yang adaptif untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara konsep diri dengan approach coping akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan jumlah sampel sebanyak 381 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri yang dikembangkan oleh Hartanti (2018) dengan merujuk pada teori konsep diri dari Fitts (1971) dan skala approach coping akademik yang dikembangkan oleh Akhtar dan Helmi (2017) dengan merujuk pada teori coping akademik dari Sullivan (2010), serta untuk analisis data menggunakan product moment correlation. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat konsep diri mahasiswa berada pada kategori negatif dan tingkat approach coping akademik mahasiswa berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan approach coping akademik dengan r=0,390 dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Konsep diri, Approach Coping Akademik, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aini, N. (2017). Identifying the sources of academic stress and coping strategies in new nursing students. In Health Science International Conference (HSIC 2017) (pp. 73-81). Atlantis Press

Akhtar, H., & Helmi, A.F. (2017). Penyusunan dan identifikasi properti psikometris skala strategi coping akademik pada mahasiswa. Humanitas. 14 (2), 164-175. doi:http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v14i2.6841

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K. (1989). Assessing coping strategies: A theoretically based approach. Journal of Personality and Social Psychology, 56(2), 267-283.

Chou, P. C., Chao, Y. M. Y., Yang, H. J., Yeh, G. L., & Lee, T. S. H. (2011). Relationships between stress, coping and depressive symptoms among overseas university preparatory Chinese students: a cross-sectional study. BMC public health, 11, 1-7.

Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self-Esteem. W.H. Freeman.

Fitts, W. H. (1971). The self-concept and self-actualization. Studies on the Self Concept.

Hartanti, J. (2018). Konsep Diri (Karakteristik berbagai usia).

Harter, S. (1999). The construction of the self: A developmental perspective. Guilford press.

Immanuel, A. S., Marheni, A., Indrawati, K. R., Swandi, N. L. I. D., & Bajirani, M. P. D. (2021). Kajian Stres pada Mahasiswa: Sumber Stress dan Kontribusi Strategi Coping. Jurnal Ilmu Perilaku, 5(2), 138-158.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer publishing company.

Mahardhani, F. O., Ramadhani, A. N., Isnanti, R. M., Chasanah, T. N., & Praptomojati, A. (2020). Pelatihan strategi coping fokus emosi untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 60-75.

Marsh, H. W., & Craven, R. G. (2006). Reciprocal effects of self-concept and performance from a multidimensional perspective: Beyond seductive pleasure and unidimensional perspectives. Perspectives on Psychological Science, 1(2), 133-163.

Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. Jurnal konseling andi matappa, 1(2), 101-107.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullivan, J. R. (2010). Preliminary psychometric data for the academic coping strategies scale. Assessment for Effective Intervention, 35(2), 114–127.

Zuama, S. N. (2017). Hubungan antara konsep diri dengan strategi coping pada mahasiswa angkatan 2009 program studi pg paud fkip universitas tadulako. Kreatif, 16(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5044-5049

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.