IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi I melalui penerapan metode dan model Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini dirancang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan harapan materi dapat disampaikan secara efektif sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara siklus dan berulang. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Lariang Bangi I, Makassar. Sumber data diperoleh dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi, yang mencakup triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A & Binasdevi, M (2022) Implementasi Model Project Based Learning Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Kelas Tinggi MI/SD. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan, dan Pendidikan. 7(2).
Amalia. L., & Ni’matuzzahro. I (2023) Impelementasi Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajat Peserta Didik Kelas 2 Materi Durasi dan Waktu di SD Negeri Purwoyoso 03. Jurnal Ilmiah multidisipline. 1(11). 237-244.
Amri, U, M., & Sentryo, I (2023) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Menggunakan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bangun Ruang Di Kelas V SD . Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar. 5(1)
Apriany, W. (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar). 3(1). 88-97.
Fatimah, W., & Aprilia, N. A. (2024). Peningkatan literasi siswa melalui program membaca bersama di perpustakaan SDN Tangru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 8(1). 0723-0731.
Fitria, Y. (2018) Menigkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based learning (PJBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP. Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Prosiding PDS UNP.1(1). 12-25. https://ejurnalilmiah.com/index.php/educate
Rasputri. I (2022) Meningkatkan Hasil Belaajr Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema Sahabatku Pembelajaran 2 Di Kelas VI-B SD Negeri 104201 Kolam. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran. 1(3).
Sumarni, I. (2020) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V A SEMESTER II SISWA SD NEGERI BANTARKEMANG I TAHUN AJARAN. 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan. 9(1).
Suwartini. O. Y., & Yasin. M (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Dididk Kelas 5 Mata Pelajaran Matematika Jaring-Jaaring BangunRuang Kubus Dan Balok Menggunakan Model PjBL Di SD Negeri Grati 02 Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(1).
Wirdayanti, R, S. (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Sejaran Untuk Meningkatkan Komunikasi Belajar Dan Hasil Belajar Kelas XI IPS 3 SMA Al- Islam Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022. UPT Perpustkaan Universitas Sebelas Maret.
Dewi. N. A., & Sari. Y. I (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka: P5 Tema Keberagaman Global Menggunakaan Project Based Learning.Jurnal Penelitian dan Pendididkan IPS LIPPD.17(2).155- 162. http : //ejoutnal.uruikana.ac.id/index.php/JPPI
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.5072-5080
Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF - 44 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.