PERMASALAHAN BULLYING YANG DIALAMI SISWA DAN RENCANA TINDAK LANJUT GURU PEMBIMBING DALAM MENYIKAPINYA (STUDI DI SMPN 1 KEPAHIANG)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada fenomena bullying di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di SMP Negeri 1 Kepahiang, dengan mempertimbangkan bahwa masa remaja awal (12-15 tahun) adalah periode transisi penting antara masa anak-anak dan dewasa yang melibatkan perubahan kognitif dan sosial-emosional. Bullying, yang sering kali menjadi bagian dari budaya di kalangan remaja, telah menimbulkan kekhawatiran serius terkait perilaku dan budi pekerti siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi perilaku bullying yang dialami siswa, 2) Menilai perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa, dan 3) Menyusun rencana tindak lanjut yang dilakukan oleh guru pembimbing. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku bullying yang dialami siswa di SMP Negeri 1 Kepahiang meliputi bullying verbal, serta sebagian mengalami bullying fisik dan psikologis. 2) Perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa mencakup bullying verbal dan psikologis. 3) Rencana tindak lanjut oleh guru pembimbing mencakup layanan konseling individu, konseling kelompok, mediasi, dan konsultasi. Selain itu, guru pembimbing memberikan materi kepada siswa baik yang mengalami bullying maupun yang melakukan bullying.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Santrock, J. W. (2016). Life-span development (9th ed.). McGraw-Hill Education
OECD. (2020). PISA 2018 results (Volume III): What school life means for students’ lives.OECD Publishing.Diunduh di https://doi.org/10.1787/9c96d3f8-en
Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Blackwell.
Smith, P. K., & Sharp, S. (1994). School bullying: Insights and perspectives. Routledge.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta,
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.4920-4923
Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF - 23 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.