ANALISIS KOMPETENSI GURU BK DALAM MEMANFAATKAN MEDIA TEKNOLOGI PADA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH TINGKAT MENENGAH KEPAHIANG
Abstract
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah membawa perubahan krusial dalam pendidikan , Guru BK dituntut menguasai dan memanfaatkan teknologi digital dalam layanan BK. Fakta dilapangan menunjukan masih banyak guru BK belum mengoptimalkan pemanfaatan media teknologi dalam layanan konseling. sehingga berdampak pada efektifitas dan efisensi bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru BK dalam memanfaatkan media teknologi pada layanan bimbingan konseling di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru BK, kepala sekolah, dan siswa di Sekolah Tingkat Menengah Kepahiang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan, bahwa kompetensi guru BK dalam memanfaatkan media teknologi pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah Tingkat Menengah Kepahiang sudah memanfaatkan media teknologi berupa Whatshapp, Google Classroom, Google Form dan Vidio Pembelajaran. Pemanfaatan media teknologi untuk melaksanakan kegiatan layanan klasikal, layanan konseling individual dan asesmen bimbingan konseling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basri, A. Said Hasan. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media Dalam Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Al Isyraq. 1 (1): 83–107.
Triyono & Febriani, Rahmi Dwi. (2018). Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling. 1 (2): 74.
Sholihah & Handayani. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Tengah Pandemi Covid 19. Prosiding seminar & lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling.
Pautina, Amalia Rizki. (2017). Konsep Teknologi Informasi Dalam Bimbingan Konseling. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2):1–12.
Prasetiawan, Hardi & Alhadi, Said. (2018). Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Se-Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 3 (2): 87–98.
Lexy J, Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.4927-4927
Article Metrics
Abstract view : 158 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.