ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA SURABAYA TERHADAP FILM “LIKE AND SHARE”
Abstract
Kekerasan seksual di Kota Surabaya masih menunjukkan kondisi darurat edukasi dan darurat penanganan untuk pelaku dan korban. Dalam hal ini, film “Like and Share” berkaitan dengan kasus kekerasan seksual yang masih banyak tersebar di lingkup pendidikan seperti perguruan tinggi yang ada di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Kota Surabaya terhadap film “Like and Share”. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat 3 (tiga) persepsi negatif dalam film “Like & Share”, yaitu perempuan adalah suatu objek seksual dalam perspektif male gaze, adanya pola pengasuhan orang tua terhadap anak remaja yang bersifat permisif, dan perempuan sangat rentan menjadi korban kekerasan berbasis gender online. Terlepas dari berbagai sudut pandang negatif, terdapat sisi pesan moral yakni berusaha menyampaikan pesan agar lebih aware atau peduli terhadap korban pelecehan seksual dan selalu menetapkan batasan diri saat memasuki masa remaja yang dipenuhi rasa penasaran akan sesuatu hal baru, termasuk perihal seksualitas. Hal ini dikarenakan perempuan seringkali tidak mendapatkan kesetaraan terkait seksualitas di lingkungan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aho, K. L.-T. (2014). The healing is in the pain: Revisiting and re-narrating trauma histories as a starting point for healing. Psychology and Developing Societies, 26(2), 181–212. https://doi.org/10.1177/0971333614549139
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (IV; A. Faw). Pustaka Pelajar.
Fariza, M. F. Al. (2022). Peran Layanan Konseling Bagi Korban Pelecehan Seksual. Proceeding of International Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2, 22–29. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icigc/article/download/698/383/
Hakim, M. A. R., Putridianti, W., Febrini, D., & Astari, A. R. N. (2022). Pentingnya Sex Education Pada Siswa di Kelas Tinggi Sekolah Dasar (Persepsi & Peran Guru). INSAN CENDEKIA: Jurnal Studi Islam, Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 10–16. https://ejournal-insancendekia.com/index.php/HOME/article/view/16
IDN Times. (2022). Awal Tahun 2022, LSF Catat 27 Kasus Pelecehan Seksual di Kampus Banten. 1 April. https://banten.idntimes.com/news/banten/muhammad-iqbal-15/awal-tahun-2022-lsf-catat-27-kasus-pelecehan-seksual-di-kampus-banten
Kantor, L. M., & Lindberg, L. (2020). Pleasure and Sex Education: The Need for Broadening Both Content and Measurement. Am J Public Health, 110(2), 145–148. https://doi.org/10.2105/AJPH.2019.305320
Marcelina, I., Odelia, A., & Nugraha, A. R. (2023). Analisis Perubahan Perilaku Netizen Terhadap Perkembangan Teknologi dalam Film Like & Share. Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya, 1620–1630.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications Inc.
Neuman, L. W. (2014). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education.
Prayogi, M. R., & Purwanti, S. (2023). Persepsi Remaja Terhadap Perilaku Seks Bebas Dalam Film Dua Garis Biru (Studi pada Anggota Organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja SMA Negeri 8 Samarinda). EJournal Llmu Komunikasi, 11(3), 118–131. https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=11236
Reza, M. J. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J-KO, 3(1), 39–46.
Sapentri, E. (2017). Male Gaze dan Pengaruhnya Terhadap Representasi Perempuan dalam Lukisan “Realis Surealis” Karya Zaenal Arifin. Journal of Urban Society’s Arts, 4(1), 29–35. https://doi.org/10.24821/jousa.v4i1.1692
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Umam, M. S., Risnawati, R., Suhara, R. B., & Novita, L. (2020). Persepsi Penonton Perempuan Tentang Karakter Romantis Film Dilan 1990. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 4(1), 14–30. https://doi.org/10.32534/jike.v4i01.2433
Widiastuti, B. (2020). Persepsi dan Reviktimisasi pada Perempuan Penyintas Kekerasan Seksual. Ristekdik (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 5(1), 110–121. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i1.110-121
Wijaya, D. E., & Riau, U. I. (2022). Analisis Semiotika Kecanduan Merokok di Film Dokumenter “Darurat! Sekolah Dikepung Iklan Rokok.” Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 13–27. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/13
Zulkarnain, Amiruddin, A., Kusaeri, K., & Rusydiyah, E. F. (2023). Analisis Komparasi Pola Pengasuhan Anak di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6399–6414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4269
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.4899-4907
Article Metrics
Abstract view : 230 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.