KUNJUNGAN KELUARGA SEBAGAI BENTUK MOTIVASI ANAK DALAM MELAKUKAN PEMBINAAN DI LPKA KELAS 1 TANGGERANG

Ramadina Umaro

Abstract


Keluarga merupakan faktor penting dalam kehidupan seseorang. Ketika sedang mengalami masalah, maka dukungan dari keluarga sangat penting, sehingga dapat memberikan motivasi. Anak yang sedang berada didalam lembaga membutuhkan motivasi dari keluarga agar mereka semangat dalam mengikuti pembinaan. Kunjungan merupakan salahsatu sarana dari lembaga untuk anak agar tetap mendapatkan informasi dari luar yang didapatkan dari keluarganya. Dengan adanya kunjungan diharapkan anak mendapat motivasi sehingga dapat mengikuti pembinaan dengan baik agar nantinya bisa menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya dan tidak melakukan pelanggaran kembali. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, yaitu menggambarkan subjek dan objek serta kelembagaan dengan hasil observasi terhadap temuan pada lokus penelitian agar dapat relevan dan digabungkan dengan konsep teori. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi wilayah lembaga, wawancara terhadap orangtua dan anak yang dilakukan ketika waktu kunjungan dan kegiatan pembinaan serta dokumentasi yang mendukung penelitian. Hasil dari kegiatan penelitian menunjukan bahwa kunjungan terhadap anak tidak terlalu memiliki pengaruh terhadap pembinaan. Anak sadar bahwa mereka harus berubah, agar ketika mereka bertemu dengan keluarga mereka bisa menunjukan bahwa mereka adalah pribadi baru yang lebih baik dari sebelumnya.


Keywords


keluarga, kunjungan, motivasi, pembinaan

Full Text:

PDF

References


Wulandari, Sri. (2012) Efektifitas Sistem Pembinaan Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Tujuan Pemidanaan. Jurnal Ilmiah Hukum Dan Dinamika Masyarakat, Vol 9 No 2

Sukma, Fitri maharani. Ria utami panjaitan. 2018. Dukungan Sosial Dan Hubungannya Dengan Tingkat Depresi Pada Narapidana Anak. Jurnal Keperawatan Volume 6 No 2, Hal 83 - 90.

Rizkiana, Ananda. Subandi. 2018. Dukungan Keluarga Pada Narapidana Wanita Di Lapas Kelas II Bogor. Jurnal Keperawatan.

Ima, Linda Miftahul. Diyan Indriyani. Yeni Suryaningsih. 2007 - 2014. Hubungan Kunjungan dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Jember. Bibliography : 32.

Ping, Ely Siawati. 2016. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Depresi Pada Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Tenggarong. PSIKOBORNEO Volume 4 no 2, 301 - 312.

Ariandani, Winda. 2016. Bentuk – bentuk motivasi dari pemimpin dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawai. Sleman.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang – undang nomor 12 tahun 1995 diunduh dari http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_12_95.htm pada 6 April 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.202-211

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.