MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DI KELAS XII IPS 7 SEMESTER I SMAN 5 KOTA JAMBI

Sutrisna Sutrisna

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran sosiologi.siswa tidak aktif dalam belajar. Siswa banyak yang tidak berani menanyakan materi yang belum dimengerti.keterlibatan siswa dalam diskusi untuk pemecahan masalah kurang. Hal ini disebabkan guru banyak menggunakan metode ceramah sedangkan metode diskusi sangat kurang, siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi,  aktivitas siswa dalam belajar kurang hasil belajar siswa rendah, disamping faktor metode ,model pembelajaran yang belum bervariasai juga penggunaan media masih kurang. Dalam ulangan harian sosiologi khususnya materi perubahan sosial dan dampaknya dalam masyarakat nilai rata-rata siswa rendah banyak yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal ) siswa yang tuntas hanya 42%. KKM mata pelajaran sosiologi dikelas XII IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi adalah 68. dari 42 % siswa yang belum tuntas adalah siswa yang aktivitas belajarnya kurang.  Guru telah berusaha memanfaatkan media yang ada namun belum berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sosiologi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction. Dengan melihat proses dan keterlaksanaannya. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan tindakan dan proses hasilnya.  


Keywords


Model Problem Based Instruction,aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1989. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1999.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Ekawarna. Penelitian tindakan Kelas. 2009. Jakarta : Gaung Persada Press

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, B.R. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryati,Kun , Juju Suryawati.2014. Sosiologi Untuk SMA dan Ma kelas XI Kurikulum 13. Jakarta: Esis

Mukhtar . Martinis Yamin 2007. 10 Kiat sukses Mengajar Di Kelas . Jakarta. PT. Nimas Multima

Mulyasa .E.2006. Menjadi guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

Mulyasa.E. 2004 .Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, karakteristik dan Implementasi, bandung: Remaja Rosdakarya

Pohan, Rusdi. 2008.Metodologi Penelitian Pendidikan. BandaAceh: Ar-Rijal Institute.

Rahmah.Johar. 1996. Bahan Kuliah: Model-Model dan Pendekatan Pembelajaran. FKIP Bandung.

Sanjaya, Wina. 2011. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bumi Agresindo.

Sukardi. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwandi dan Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.162-175

Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.