MENGANALISIS KURIKULUM BERKARAKTER BERBASIS KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Analisis kurikulum berkarakter berbasis kompetensi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan alat pembayaran di kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2019-2020.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis kurikulum berkarakter berbasis kompetensi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan alat pembayaran di kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2019-2020. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu melihat pengaruh antara dua variabel yaitu kurikulum berkarakter berbasis kompetensi terhadap belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan alat pembayaran di kelas X IPS SMA Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2019-2020. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif jenis korelasi, penulis mengumpulkan data dengan melakukan penyebaran angket, kemudian untuk melihat apakah ada Analisis kurikulum berkarakter berbasisi kompetensi terhadap prestasi peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan alat pembayaran di kelas X IPS SMA Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2019-2020.
Berdasarkan hasil perhitungan yang penulis lakukan melalui rumus korelasi product moment diperoleh r hitung = 0,543, dengan jumlah sampel sebanyak N=36 pada taraf interval kepercayaan 5% adalah 0,329 dan taraf interval kepercayaan 1% adalah 0,424. Dari nilai rxy tabel tersebut dapat dilihat bahwa rxy hitung lebih besar dari rxy tabel baik taraf kepercayaan 5% dan 1% yaitu 0,553 > (0,329-0,424).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam skripsi ini yaitu : “Ada analisis kurikulum berkarakter berbasis kompetensi terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan alat pembayaran di kelas X IPS SMA Negeri 1 Batangtoru tahun pelajaran 2019-2020.”, dapat diterima kebenarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggoro M. Toha, dkk, (2007)Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka,
Arikunto Suharsimi, (2006) prosedur penelitian, Jakarta: Bina Aksara.
B. Uno Hamzah, (2011), Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Cholid Nurbako, dkk, (2007), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyanti dan Mujiono, (2006), Belajar Pembelajaran, jakarta: Rineka Cipta.
Faisal Sanafiah, (2007), Metode Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Gulo W, (2006), Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia.
Isjoni H., Pembelajaran Kooperatif, (2009), Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Irianto Agus,Pendidikan (2011), Sebagai Investasi Dalam pengembangan Suatu Bangsa,Jakarta: Kenca Pradana media group.
Kundar, Guru Profesional, (2010)Jakarta: Rajawali Pers.
Muhammad rahman Mpd, (2012), Kurikulum Berkarakter,Jakarta: Prestasi Pustaka karya.
Murti Sumarni dan Salamah Wahyuni, (2006), Metodologi Penelitian Bisnis, yogyakarta: Andi.
Prawiradilaga Salma (2009),Dewi,prinsip disain pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Riduwan, Belajar (2010), Mudah Peneliti untuk Guru-Kariawan dan Peneliti Pemula, ALFABETA, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.129-134
Article Metrics
Abstract view : 789 timesPDF - 332 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.