PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 0713 PIR TRANS SOSA I A

Bejo Bejo

Abstract


Tujuan Penelititan Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan kemampuan memecahkan masalah HAM dalam mata pelajaran PKn khususnya kelas VI SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a, sehingga pembelajaran PKn menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreativitas. Skor rerata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat meningkat dari 73 % menjadi 89 %. Skor rerata aktivitas siswa yang kurang relevan dengan pembelajaran mengalami penurunan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama rerata skor aktivitas siswa yang tidak relevan sebesar 21,26 %, sedangkan pada siklus kedua sebesar 9,25 % mengalami penurunan sebesar 12,01 %. Skor rerata pemahaman siswa tentang masalah Hak Asasi Manusia, pada siklus pertama sebesar 7,01 % dan pada siklus kedua pada siklus kedua 7,80 %, tergolong baik demikian juga tentang penuntasan belajar pada siklus pertama 74,82 % dan pada siklus kedua menjadi 89,96 %. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah Hak Asasi Manusia dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa SD Negeri 0713 Pir Trans Sosa I a.


Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.