MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PAIKEM PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 0715 UJUNG BATU IV

ayu Masithoh

Abstract


Penelitian ini dilakukan di VI SD Negeri 0715 Ujung Batu IV pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi dan wawancara, pengumpulan data melalui diskriptif kualititif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus dengan membandingkan proses pembelajaran kondisi awal dan siklus I, membandingkan proses pembelajaran siklus I dan siklus II, serta membandingkan proses pembelajaran kondisi awal dan kondisi akhir. Dan membandingkan hasil belajar kondisi awal dan siklus I, membandingkan hasil belajar siklus I dan siklus II serta membandingkan hasil belajar kondisi akhir. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini proses pembelajaran, siswa yang pasif dari  kondisi awal ke siklus I terjadi penurunan yaitu dari 17 menjadi 10. Siswa yang aktif terjadi peningkatan dari 10 menjadi 19 dan siswa yang kurang memperhatikan terjadi penurunan yaitu dari 5 menjadi 3. Dari siklus I ke siklus II siswa yang pasif dari 10 menjadi 5, siswa yang aktif dari 19 menjadi 27 dan siswa yang kurang memperhatikan dari 3 menjadi 0. Kondisi awal ke kondisi kondisi akhir siswa yang pasif dari 17 menjadi 5, siswa yang aktif dari 10 menjadi 27 dan siswa yang kurang memperhatikan dari 5 menjadi 0. Sedangkan hasil belajar nilai terendah dari 25 menjadi 50, tertinggi dari 80 menjadi 85 dan nilai rata-rata dari 54,2 menjadi 66,2.  Dengan membandingkan proses pembelajaran dan hasil belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir maka dapat disimpulkan proses pembelajaran dengan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar sehingga tercapai ketuntasan minimal.


Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.