PERBEDAAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Feri Setia Buana, Indri Anugraheni

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara Kemampuan pemecahan masalah IPS kelas IV SD pada kelompok yang telah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan kelompok yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Kuasi dengan menggunakan desain penelitian The Static Group Pretes-Posttest Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan uji-t untuk mengukur dan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPS Kelas IV SD pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan Uji-t diperoleh hasil nilai  sig (2-tailed) sebesar 0,01, karena nilai Sig (2-tailed) <0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan  yang signifikan  anatara penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan Model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPS Kelas IV SD.

Keywords


Discovery Learning, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Andri, A., & Kusandi, K. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 27 Sintang Tahun Pelajaran 2016/2017. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 100-110.

Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-6.

Arindah, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Ginanjar, A. (2016). Penguatan Peran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Harmony, 1(1), 118-126.

Haris, M. A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 1 Magelang. Yogyakarta: UNY.

Jauhar, S. (2018, September). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2018, No. 1).

Kemendikbud. 2017. Silabus Tematik Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Masdariah, M., Nurhayati, B., & Rachmawaty, R. (2018, October). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. In Seminar Nasional Biologi.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Rosardi, R. G. (2013). Pembelajaran IPS dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kepedulian Siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1).

Soebijantoro, S. (2016). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(01).

Sukmadinata N. S. (2012) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumitro, A. Setyosari, P., & Sumarmi, S. (2017). Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1188-1195.

Triyadi, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Sistem Bahan Bakar Kelas XI TKR SMK Muhamadiyah Prambanan.

Vitasari, N., & Trisniawati, T. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melalui Problem Posing. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 78-86.

Yupita, I. A. (2013). Penerapan model pembelajaran Discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i1.2020.79-90

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.