PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 0705 ALOGO PULO GODANG

Anna Sari Harahap

Abstract


Penggunaan metode dan teknik yang kurang tepat dalam membelajarkan PKn di kelas tentunya akan membawa kondisi kelas yang tidak lagi nyaman bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini terjadi pada keberhasilan siswa kelas IV SD Negeri 0705 Alogo Pulo Godang sebesar 46,9% dengan rata-rata nilai 60,25. Dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn khususnya materi globalisasi. Pembelajaran kooperatif teknik make a match yang diterapkan pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 0705 Alogo Pulo Godang. Rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 65,25 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 66,67%. Pada siklus II, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,50 dengan tuntas belajar klasikal yaitu 100%. Pembelajaran kooperatif teknik make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa, motivasi belajar siswa, melatih keberanian siswa dalam mengajukan atau menjawab pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, serta mampu melatih kedisiplinan siswa dalam belajar. Hal ini dapat dilihat pada hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus I yaitu 62,75% dan meningkat menjadi 90,25% pada siklus II.


Article Metrics

Abstract view : 581 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.