PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, Analisis regresi linear sederhana, uji keberartian regresi, uji keberartian koefisien regresi (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terlihat pada nilai Fhitung > Ftabel (6,236 > 3,99). Dan terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = 70,182 + 0,136X
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. 9(1), 414–420.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Nurlinah. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik Nurlinah Sugiarti Abstrak. Nurlinah Sugiarti, 9.
Pembelajaran, P., & Situbondo, S. (2023). Application of Differentiated Learning to Increase Student Motivation in Physics Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. 1(4).
Rofizah, A., Rahayuningsih, S., & Imanah, U. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di MTs Negeri 4 Mojokerto. Semangat Kemerdekaan RI Ke-77 “Internalisasi, Kolaborasi, Dan Implementasi Kurikulum Mutakhir Dalam Era Merdeka Belajar,” 164–174.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi Dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Anekdot Untuk Siswa Sma. Semantik, 12(1), 61–74.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i10.2023.4627-4633
Article Metrics
Abstract view : 2487 timesPDF - 737 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.