ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN CIGUGUR TENGAH KOTA CIMAHI
Abstract
Pemerintah di dalam menyelenggarakan pelayanan publik masih relatif banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas belum seperti yang diharapkan masyarakat. Mengingat fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam peraturan pemerintah No 73 tahun 2005 tentang pemerintahan kelurahan, maka pemerintah kelurahan wajib memberikan bimbingan kepada setiap warga masyarakat guna untuk mewujudkan tugas dari otonomi daerah sebagaimana mestinya yang telah ditetapkan dalam peraturan dan dalam penerapan tugas dan fungsinya. Kantor Kelurahan Cigugur Tengah merupakan satuan unit kerja pemerintah di Kota Cimahi yang dinamis dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat pelayanan di wilayahnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif peneliti melakukan penelitian dengan cara yaitu menggambarkan masalah-masalah yang sinergis saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kelurahan Cigugur Tengah sudah cukup baik namun masih ditemukan berbagai kendala. Hal ini terlihat dengan masih adanya pegawai yang belum melayani masyarakat secara optimal, sarana prasarana yang perlu diperbaiki atau diperbaharui, serta jumlah pegawai yang belum memadai.
Keywords
References
Arifianto, N. (2021). Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kantor Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Ji@ P, 10(1).
Batjo. N., & Shaleh, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Makassar: Aksara Timur).
Cendana, G. A., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, 1089-1100.
Ginting, H. B. (2019). Analisis Pelayanan Publik pada Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Karo (Skripsi, Universitas Quality).
Harsono, B. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kecamatan Johar Baru Kota Administrasi Jakarta Pusat. Public Administration Journal (PAJ), 3(1).
Marande, Y. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), 33-39.
Marliani, L. (2019). Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 17-21.
Maryam, Neneng, S. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, VI (1), 6-17.
Muhammad, M. (2019). Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Mulyawan, DR (ND). Sistem Pemerintahan Indonesia.
Nafaru, F. F. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Baraya Travel Surapati Bandung (Skripsi, FISIP Universitas Pasundan).
Pemerintah Pusat. (2000). Undang-undang (UU) tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas). Tersedia di: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/44992/uu-no-25-tahun-2000 (20 November 2022).
Pemerintah Pusat. (2005). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Kelurahan. Tersedia di: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49854/pp-no-73-tahun-2005 (20 November 2022).
Pemerintah Pusat. (2009). Undang-undang (UU) tentang Pelayanan Publik. Tersedia di: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38748/uu-no-25-tahun-2009 (21 November 2022).
Peraturan Walikota Cimahi. (2015). Peraturan Walikota Cimahi Nomor 31 Tahun 2015 Tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga di Kota Cimahi. Tersedua di: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/221610/PERWAL%20KOTA%20CIMAHI%20NOMOR%2031%20TAHUN%202015(1).pdf (13 Januari 2023).
Peraturan Walikota Cimahi. (2013). Peraturan Walikota Cimahi Nomor 36 Tahun 2013 Tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kelurahan di Kota Cimahi. Tersedua di: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/226840/perwali-kota-cimahi-no-36-tahun-2013 (13 Januari 2023).
Rezky, A., & Adil, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Distrik Hingk Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Competitiveness, 7(1), 65-77.
Rinaldi, R. (2012). Analisis kualitas pelayanan publik. Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 2(1), 22-34.
Yunaningsih, A., Indah, D., & Septiawan, F. E. (2021). Upaya meningkatkan kualitas layanan publik melalui digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9-16.
Raharjo, Muhamad Mu’iz. (2022). Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing)
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3683-3695
Article Metrics
Abstract view : 1434 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.