STUDI DESKRIPTIF FENOMENA NGL LINK TERHADAP REMAJA

Fidela Rizky Ramadhani, Heidy Arviani

Abstract


Kehadiran internet yang berada ditengah-tengah masyarakat dengan adanya sosial media yang dapat menghubungkan individu dengan individu yang lainnya walau dengan jarak yang sangat jauh. Kemudahan dalam berkomuniasi memberikan manfaat bagi masyarakat dunia untuk melakukan suatu hal yang positif atau negatif. Penelitian ini akan membahas mengenai fenomena NGL Link yang sedang ramai digunakan oleh para remaja aktif yang menggunakan sosial media. NGL link dinilai sebagai salah satu platform anonimitas yang bisa digunakan oleh remaja untuk mengirimkan pesan tanpa adanya identitas dan dapat di respon sesuai keinginan pemiliki link. Hal ini relevan dengan Teori Pengelolaan Kesan milik Erving Goffman dan memiliki temuan dimana NGL Link termasuk kategori anonimitas milik Pfitzmann & Hansenn yaitu unlinkability yaitu identitas privasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitstif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Dari penelitian ini didapatkan melalui In depth Interview dengan hasil yang menjelaskan bahwa remaja menggunakan NGL Link sebagai platform aktualisasi diri dan nyaman dengan adanya identitas anonim.


Keywords


Fenomena, NGL Link, Remaja

Full Text:

PDF

References


Aldila Safitri, A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180

Komunikasi, I., Sosial, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2017). STRATEGI KONTEN INSTAGRAM WILDLIFE RESCUE CENTER ( WRC ) JOGJA UNTUK MENANGANI KRISIS FINANSIAL

Mulyana, D. (2009).Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Bandung: Rosda

Rachel, I., & Roland, V. (2022). Urgensi Etika Komunikasi dalam Meminimalisir Perundungan Siber Melalui Akun Anonim Pada Media Detik Forum ( Studi Kasus pada. 9(1), 175–180.

Rizaty, M. A. (2022, August 3). dataindonesia.id. Retrieved from Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat di Dunia:

Studi, P., Komunikasi, I., Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2023). 5967/kom-d/sd-s1/2023 motif penggunaan tren q&a anonymous di media sosial instagram pada generasi z.




DOI: https://doi.org/10.31604/jips.v10i9.2023.4189-4196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.