
(2) Yuli Candrasari

*corresponding author
AbstractFanatisme merupakan saat dimana seseorang memiliki kecintaan yang besar terhadap hal yang disukainya. Salah satu luapan fanatisme yang umum terjadi adalah penggemar sepakbola. Dengan semakin maraknya sepakbola, semakin banyak pula para pendukung dari masing-masing kesebelasan yang menunjukan kecintaannya terhadap klub idola mereka, salah satunya adalah Manchester United. Fanatisme yang dimiliki oleh para penggemar Manchester United membuat mereka rela meluangkan waktu untuk memberi dukungan secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fanatisme yang dimiliki oleh penggemar Manchester United, terutama yang tergabung dalam komunitas United Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori fanatisme dan pembentukan identitas diri serta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan yang diambil merupakan anggota dari komunitas United Surabaya dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan juga observasi partisipan. Hasil dari penelitian yang didapat ialah para penggemar Manchester United yang tergabung didalam komunitas United Surabaya selalu menyempatkan diri menyaksikan pertandingan, memakai atribut klub dengan bangga, serta loyal terhadap klub apapun kondisinya. KeywordsFanatisme, Supporter, Loyalitas.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v10i8.2023.4065-4075 |
Article metrics10.31604/jips.v10i8.2023.4065-4075 Abstract views : 3398 | PDF views : 1476 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Bustomi, A. A. (2016). TEORI IDENTITAS DIRI JAMES MARCIA (1966,1980). https://abiabdubustomi27.wordpress.com/2016/07/03/teori-identitas-dirijames-marcia-19661980/, diakses pada 10 Maret 2023.
Cangara, Hafied .1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Chung, Emily. Beverland, Michael. Farrelly Francis. Quester, Pascale. (2008). “Exploring Consumer Fanaticism: Extraordinary Devotion in the Consumption Contextâ€, in NA –Advances in Consumer Research Volume 35, eds. Angela Y. Lee and Dilip Soman, Duluth, MN : Association for Consumer Research, Pages: 333-340.
Foer, F. (2006). How Soccer Explains The World: The Unlikely Theory of Globalization. New York: Harper Collins Publisher
Giulianotti, Richard. (2011). Supporters, Followers, Fans, and Flaneurs: A Taxonomy of Spectators Identities in Football. Journal of Sport and Social Issues, 26 (1), pp. 25-46. Jurnal Internasional Loughborough University
Goddard, H. (2001). Civil Religion. New York: Cambridge University Press
Haryadi. R. D. (2017). Analisis Sosiologis Bentuk-Bentuk Loyalitas Suporter Sepakbola Persija Jakarta The Jakmania. (Skripsi : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta), diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/49317/1/RIFNU%20DIAN%20HARYADI.FISIP.pdf
Herdana, M. Y. (2021). 6 Klub Sepak Bola dengan Penggemar Terbanyak di Dunia, Semuanya Juara Liga Champions. Sportstar.id. https://www.sportstars.id/read/6-klub-sepak-bola-dengan-penggemarterbanyak-di-dunia-semuanya-juara-liga-champions-eH0f06.
Hornby, N. (1992). Fever Pitch: A Fan's Life. London: Gollancz.
Jacobson, Beth. 2003. The social Phsycology of the Creation of a Sport Fans Identity: A Theoretical Review of the Literature. Athletic Insight.
Jhalugilang, Paundra (2012). Makna Identitas Fans Klub Sepak Bola (Studi Kasus: Juventus Club Indonesia). Jakarta: Universitas Indonesia
Kuswarno, E. (2009). Metodologi penelitian komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, pedoman, dan contoh Penelitiannya (Methodology Research of Communication, Phenomenology : Concept, Guidlines, and Sample Research), Bandung : Widya Padjajaran
Melati. S. (2023). Arti Solidaritas. Ciri Ciri, Jenis Hingga Contohnya. Linovhr.com. https://www.linovhr.com/solidaritas/
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4
Rianingsih, C. dkk. (2019). FANATISME FANS PEREMPUAN DALAM MENDUKUNG KLUB SEPAKBOLA MANCHESTER UNITED (STUDI KASUS PADA UNITED BABES OF BANDUNG). Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8, No. 1, Januari – Juni 2019, 190.
Siahaan, P. (2014). The Big Pang Theory Talking Mad About Football. Jakarta: Elex Media Komputindo
Silalahi, D. D. N. (2023). Mengenal Identitas Nasional Demi Masa Depan Bangsa. https://binus.ac.id/character-building/2023/02/mengenal-identitasnasional-demi-masa-depan bangsa/#:~:text=Menurut%20Stella%20Ting%20Toomey%2C%20identita s,yang%20melekat%20dalam%20diri%20seseorang, diakses pada 8 Maret 2023.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Bandung: ALFABETA, CV.
Syadzwina, A. W. W. dkk. (2014). FENOMENOLOGI PERILAKU KOMUNIKASI SUPORTER FANATIK SEPAKBOLA DALAM MEMBERIKAN 85 DUKUNGAN PADA PSM MAKASSAR. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No.1 Januari –Maret 2014, 2-6.
Wahyudi, A. (2006). Karakteristik Suporter Persid (Penelitian Pada Perilaku Suporter Sepak Bola Persatuan Sepak Bola Indonesia Djember). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jember.sosial-dan-hegemoni-barat-tantangan-bagi-ilmuan-sosial-muslim/ tanggal 09 Juli 2017
Levy, M. (2000). Environmental scarcity and violent conflict: a debate. Diunduh di http://wwics.si.edu/organiza/affil/WWICS/PROGRAMS/DIS/ECS/report2/debate.htm tanggal 4 Juli.
Refbacks
- There are currently no refbacks.