IMPLEMANTASI SISTEM EKONOMI PANCASILA PADA MANAJEMEN PERTAHANAN DAPAT MENINGKATKAN KETAHANAN EKONOMI INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

Muhammad Suprio Pratomo, Suprapto Suprapto, Edy Saptono, Hikmat Zakky Almubaroq

Abstract


Kehadiran Ekonomi Pancasila merupakan konsekuensi langsung dari diterimanya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia. Ekonomi Pancasila selalu tidak terpisah dari pemikiran, amanah, dan cita-cita para pendiri bangsa yang dituangkan ke dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945. Ini merupakan kenyataan historis konstitusional, ciri pembeda, serta sekaligus landasan ideologis bagi seluruh rasionalitas sistem perekonomian nasional yang dibangun diatasnya. Singkatnya, Ekonomi Pancasila harus dapat mewujud menjadi sebuah tata kelola kehidupan ekonomi di Indonesia yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan riil dewasa ini seperti kemiskinan, pengangguran, ketidakadilan ekonomi, kerusakan lingkungan, dan lain sebagainya. Dengan itu, betapapun kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia semakin lama-semakin kompleks, bangunan sistem ekonomi dengan berbagai kebijakan negara yang dihasilkan darinya, mesti selalu konsisten dengan Pancasila, demi terwujudnya tujuan negara sebagaimana digariskan dalam konstitusi, yakni: Merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


Keywords


Ekonomi Pancasila, Kesejahteraan, dan Keamanan

Full Text:

PDF

References


Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, M.E. “Implementasi Sistem Ekonomi Pancasila Guna Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas”. Kertas Karya Ilmiah Perseorangan. Lembaga Ketahanan Nasional RI. 2019

Raymod Sulistio, dkk. “ Penerapan Manajemen Pancasila dalam Menghidupkan Bangsa dan Pembangunan Era Globalisasi”. Prosiding EMAS : Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 – Juni 2021.

Indra Rahmatullah dan Ika Atika. “Ilmu Hukum Berparadigma Pancasila di Era Globalisasi: Sebuah Tantangan Liberalisasi Ekonomi dan Teknologi”. Jurnal Wajah Hukum. Vol 6 (2) Oktober 2022, 386 – 400.

Mubyarto. “Menuju Sistem Ekonomi Pancasila: Reformasi atau Revolusi”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 19, No. 1, 2004, 16 – 26.

Prima Aris Wardhani, dkk. “Pancasila Sebagai Landasan Pertahanan Negara di Era Globalisasi”. Jurnal Kewarganegaraan, Vol.6 No. 1 Juni 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3576-3584

Article Metrics

Abstract view : 2186 times
PDF - 1062 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.