KETERKAITAN ANTARA BUDAYA, IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA DAN KINERJA ORGANISASI

Alayya Trianindy, Hinggil Permana, Mimin Maryati

Abstract


Kemampuan institusi dipengaruhi oleh mutu kerja sumber daya orang institusi yang berhubungan. Adapun kemampuan orang dipengaruhi oleh kepuasan kinerja. Kepuasan kinerja dipengaruhi oleh kebiasaan serta iklim institusi. Tujuan riset ini merupakan guna mengenali ketergantungan antara budaya, iklim institusi dengan kepuasan kerja serta kinerja institusi. Metode riset yang digunakan dalam riset ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana dalam riset ini menggunakan data skunder berbentuk jurnal riset, buku, serta pula artikel ilmiah yang berhubungan dengan budaya serta iklim institusi, dan kepuasan kerja serta kemampuan dalam institusi. Adapun hasil dari riset ini merupakan budaya dan ilkim institusi mempunyai ikatan yang kuat dengan kepuasan kerja serta pula kinerja institusi. Ikatan ini dimulai dari hubungan antara budaya institusi dengan kepuasan kerja, setelah itu hubungan antara iklim institusi dengan kepuasan kerja, dan kepuasan kerja dengan kinerja institusi itu sendiri punya hubungan yang kuat serta saling berkaitan. Indikator nilai salah satu variabel mempengaruhi variabel yang lain bisa dibilang bahwa anatra variabel satu dengan yang lain berbanding lurus dengan output ataupun hasilnya.


Full Text:

PDF

References


Alam, M. S. (2020). Pengaruh motivator faktor intrisik dan ekstrisik (teori herzberg) terhadap kepuasan kerja pegawai bagian penjualan pada PT roda sakti surya megah jember. Skripsi program studi administrasi bisnis jurusan ilmu administrasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas jember.

Badu, S. Q. Djafri, N. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Institusi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Damanik, D. J. (2020). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pegawai pdam tirtanadi provinsi sumatera utara cabang berastagi. Skipsi program studi manajemen fakultas sosial dan hukum universitas quality medan.

Hermanto, H. (2018). Iklim institusi dan kinerja pegawai. JIAGANIS: Jurnal ilmu administrasi negara & bisnis Vol. 2, No. 2.

Johari, J., & Yahya, K. K. (2016). Job characteristics, work involvement, and job performance of public servants. European journal of training and development, 40(7).

Novitasari, D. K. (2019). Pengaruh dukungan institusi, budaya institusi, dan iklim institusi terhadap kepuasan kerja pegawai non pns di kantor samsat kebumen. Naskah publikasi sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) putra bangsa program studi manajemen (S-1) Kebumen.

Pitasari, N. A. A. Perdhana, M. S. (2018). Kepuasan kerja pegawai : studi literatur. Diponegoro journal of management volume 7, nomor 4, halaman 1-11.

Putri, G. V. (2015). Dampak kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. INA-Rx1v.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku institusi. Jakarta: Indeks.

Seiyati, R. Hikmawati, E. (2020). Strategi meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi kerja. Forum ilmiah volume 17, nomer 2.

Sunarta. (2019). Pentingnya kepuasan kerja. Jurnal efisiensi– kajian ilmu administrasi, Vol. XVI, No. 2, ISSN 1412-1131, e-ISSN 2528-5750, Hal. 63-75.

Suti, M., Syahdi, M. Z., & D, D. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 3(2), 203-214.

Wiliandari, Y. (2019). Kepuasan kerja pegawai. Society, Jurnal jurusan pendidikan IPS ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3458-3466

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.