MOTIVASI ANAK MASUK SEKOLAH DI PONDOK PESANTREN KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Fachri Muhammad, Achmad Hidir, Yoskar Kadarisman

Abstract


Penelitian ini meneliti tentang motivasi anak masuk sekolah pondok pesantren di Pangkalan Kerinci. Tujuan penelitian ini mengetahui motivasi anak masuk sekolah di pondok pesantren Hidayatul Maarifiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan teori Tindakan Sosial dari Talcott Parsons. Informan pada penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 anak yang merupakan siswa MTs dan 5 orangtua anak yang berasal dari luar daerah Riau. Hasil dari penelitian ini motivasi anak bertindak dalam memilih sekolah pesantren lebih dipengaruhi oleh kondisi. Hal ini terjadi karena situasi dan kondisi tertentu yang akhirnya anak memilih sekolah di pondok pesantren Hidayatul Maarifiyah.


Keywords


Motivasi Anak, Tindakan Sosial, Orangtua.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).

Rusydi Sulaiman. “Hakikat Pendidikan Pesantren : Studi Atas Falsafah, Idealisme Dan Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja.

Ramadhan, Rahamat. “Motivasi Anak Memilih Sekolah Di Pesantren Modern Al-Amin Desa Rawang Kao Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak.” Jurnal Online Mahasiswa FISIP 3, no. 1 (2016): 1–10.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,” 2013.

Umar Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Usman sunyoto. Sosiologi Sejarah, Teori Dan Metodologi. Yogyakarta: CIRED, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3467-3472

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.