PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA AKUN KOMUNITAS @DISCITE. INSTITUTE SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Tiktok Komunitas @Discite.Institute)

Azifa Salsabila, Dyva Claretta

Abstract


Platform media sosial kini telah menjadi kebutuhan masyarakat, terlebih masyarakat Indonesia yang berusia sekitar 18-24 tahun dapat menghabiskan waktunya hingga tiga jam 26 menit dalam sehari. Adanya berbagai macam media sosial menjadikan wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi kepada pengguna lainnya. Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak diunduh, sebanyak 1,4 miliar pengguna aktif yang berusia 18 tahun keatas secara global. Kemudahan yang diberikan TikTok membuat komunitas Discite Institute dapat memanfaatkan TikTok sebagai media pengembangan diri untuk pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun TikTok komunitas @discite.institute sebagai media pengembangan diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan etnografi virtual sebagai metodologi penelitian. Penggalian data didapatkan dari penelusuran secara online, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah computer mediated communication. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa unggahan konten-konten yang berada di akun TikTok @discite.institute bertemakan konten edukasi dan fakta-fakta menarik yang berdampak positif pada pengembangan diri para informan. Konten dikemas dengan baik dan mudah dipahami sehingga membuat para informan mampu menyerap dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kesehariannya.


Keywords


TikTok, pengembangan diri, etnografi virtual

Full Text:

PDF

References


Altania, E., & Sungkono. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Adella. Jurnal Epistema, 2(1): 83–88.

Akbar Harun. (2014). Karakteristik Budaya: Proses Mental dan Belajar.https://prezi.com/n7lblzzvpa7t/karakteristik-budaya-proses-mental-dan-belajar/#:~:text=/tanggal 1 Juli 2023

Azhari, S., & Ardiansah, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez). Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management), 10(1): 508.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1): 1–10.

Claretta, D., Samudra Arsy, F., Komarullah, A. R., & Hanan, B. (2022).

Peran Campaign Lewat Media Sosial Instagram (Into The Light Dalam Membangun Public Awareness). Sibatik Journal | Volume: 2(1).

CNN Indonesia. (2020). TikTok Aplikasi Terpopuler, Kalahkan WhatsApp dan Zoom. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200716115929-185-525377/tiktok- aplikasi-terpopuler-kalahkan-whatsapp-dan-zoom#:~:text= /15 Juni 2023

Dharmawan, R. (2020). Pengaruh Perceived Benefit Terhadap Community Commitment dan Continue Use Intention; Studi Kasus Komunitas Aplikasi Clubhouse Dikalangan Mahasiswa Universitas Kristen Petra. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2).

Dr. Lidya Wati Evelina, MM, L. of P. R. and R. U. B. N. (2016). Menggunakan Metode Etnografi Dalam Penelitian Sosial. Dimensi Jurnal Sosiologi.

Dr. Rulli Nasrullah, M. S. dalam Teori dan Riset Media Siber (Edisi Pert). (2014) Prenadamedia Group.

Fatimatuzzahro, F., & Achmad, Z. A. (2022). What If It Was You (#WIIWY) digital activism on TikTok to fight gender-based violence online and cyberbullying. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 35(4): 450–465.

Hariani, A. (2023). Siapa dan Apa Tugas Relawan Pajak. https://www.pajak.com/pajak/siapa-dan-apa-tugas-relawan-pajak/tanggal 1 Juli 2023

Hikmawati, S. atik, & Farida, L. (2021). Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen Iai Sunan Kalijogo Malang. Al-Ittishol : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1): 1–11.

Hine, C. on Virtual Etnography. (2000). Sage Publications

Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1):47–60.

Kelana, N. S. (2019). Berikut Kegiatan Pembiasaan Sebagai Pendukung Pendidikan Karakter di Sekolah. https://siedoo.com/berita-27508-berikut-kegiatan-pembiasaan-sebagai-pendukung-pendidikan-karakter-di-sekolah/tanggal 1 Juni 2023

Lina, L. F., Putri, A. D., & Anggarini, D. R. (2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. 40.

Mandala, N., East, M.-, & Pradesh, U. (2000). Community Profile Discite Institute (Vol. 288, Issue 2).

Monavia Ayu Rizati. (2019). Per April 2023, Pengguna TikTok Indonesia Terbanyak Kedua Dunia. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/per-april-2023-pengguna-tiktok-indonesia-terbanyak-kedua-dunia/tanggal 3 Juli 2023

Miftah Rezekia, S. (2020a). Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif. Data Analysis: Teknik Data Kualitatif. https://www.dqlab.id/data- analisis-pahami-teknik-pengumpulan-data#:~:text= /tanggal 20 Juni 2023

Miftah Rezekia, S. (2020b). Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif. https://dqlab.id/data-analisis-pahami-teknik-pengumpulan-data /tanggal 20 Juni 2023

Mujito. (2019). Membangun Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pedagogy, 6(2),: 47–51.

Mustofa, A. (2022). Bangun Karakter melalui Kegiatan Pembiasaan di Sekolah.https://radarkudus.jawapos.com/pendidikan/691645089/bangun-karakter-melalui-kegiatan-pembiasaan-di-sekolah#:~:text=/tanggal 3 Juli 2023

Novianasari. (2018). Komunikasi Konsumen Lazada melalui Electronic Word of Mouth (E-WOM) (Issue Cmc).

Oktaviana, M., Achmad, Z. A., Arviani, H., & Kusnarto, K. (2021). Budaya Komunikasi Virtual di Twitter dan Tiktok: Perluasan makna kata estetik. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(2):173–186.

Parameswara, B. G., Liyah, L. N., Sania, N., & Ibrahim, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik-Tok di Masa Pandemi Covid-19. Cebong Journal, 1(1), 10–14.

Perdianti, M. S., & Valiant, V. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok Sebagai Media Informasi. Fikom UPI YAI, XXVII(September): 1–19.