Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Di Kelas I-A SD Negeri 200311 Padangsidimpuan Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019

Sariani Sariani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200311 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian adalah Kelas I-A yang berjumlah 28 orang siswa.Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrument-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dansetiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Untuk mengetahui peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri digunakan data yang berkaitan dengan aktifitas siswa dan aktifitas guru, serta pencapaian hasil belajar siswa.Hasil penelitian siklus I berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 76,8% dan rekapitulasi penilaianbelajar siswa adalah 74%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 83,9% dan rekapitulasi penilaian proses dan hasil belajar siswa adalah 83%. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa,  terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dalam pembelajaran keterampilan berbicara melalui media gambar seri dapat tercapai dengan baik.

 Kata kunci : Keterampilan berbicara, Media Gambar Seri.


Full Text:

PDF

References


Arif,Sudiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azhar, Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Martinis, Yamin dan Bansu Ashari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Jakarta Putra Grafika

Tarigan, Hendri Guntur .1998. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.529-535

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.