Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Melaksanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi Melalui Workshop Penyusunan RPP Di SDN 200212 Padangmatinggi

Nurhaidah Rangkuti

Abstract


Tujuan penelitian   ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Workshop di SDN 200212 Padangmatinggi. Subjek penelitian ini ditujukan kepada semua guru mata pelajaran supaya memiliki kemampuan dalam menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop yang baik untuk pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan berjumlah 20 orang guru dari semua  mata pelajaran yang dan kelas yang diampunya. Sebelum dilakukan tindakan, Indikator keberhasilan penerapan tindakan ini penulis tetapkan sebesar 75%, artinya tindakan ini dinyatakan berhasil bila 75% guru sudah dapat menyusun  RPP mata pelajarannya dengan baik sesuai dengan sintak yang sudah ditentukan.  Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SDN NO.200212 Padangmatinggi  dalam menguasai indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran masih relative rendah yakni 52%. Pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan penguasaan guru terhadap indicator pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yakni 91%  guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi melalui workshop penyusunan RPP. Dengan kata lain workshop penyusunan RPP berhasil dengan baik dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi.

 Kata Kunci: Workshop,  Menyusun RPP


Full Text:

PDF

References


Daradjat, Zakiyah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2004. Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2005. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2007. Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007a tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2007. Permendiknas RI No. 12 Tahun 2007b tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarata: Depdiknas.

Depdiknas 2008. Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran SMA. Jakarta.

Depdiknas 2008. Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas 2009. Petunjuk Teknis Pembuatan Laporan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Seko lah. Jakarta.

Fatihah, RM . 2008. Pengertian konseling (Http://eko13.wordpress.com, diakses 19 Maret 2009).

Imron, Ali. 2000. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kemendiknas. 2015. Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

http://id.m.wikipedia.org tentang pengertisn pelatihan dan pendapat para ahli

Kumaidi. 2008. Sistem Sertifikasi (http://massofa.wordpress.com diakses 10 Agustus 2009).

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.523-528

Article Metrics

Abstract view : 632 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.