Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Upaya Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar di SD Negeri 200217 Padangsidimpuan

Syamsul Syamsul

Abstract


Melalui kegiatan supervisi kepala sekolah ini dapat memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi yang meliputi program, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru SD Negeri 200212 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian 11 orang guru dari semua  mata pelajaran  dan kelas yang diampunya. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kemampuan guru SD Negeri 200217 Padangsidimpuan yang Indikator keberhasilan penerapan tindakan yang ditetapkan oleh penulis sebesar 74,1 (Baik) di mana 4 guru masih mendapat nilai cukup dan  7 orang guru mendapat nilai baik sehingga belum ada yang mendapat nilai sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus  pertama secara keseluruhan belum tuntas, karena guru masih ada yang mendapatkan nilai cukup. Hal ini disebabkan karena guru masih merasa baru dan belum mengerti apa yang dimaksudkan dan digunakan guru dengan menerapkan pembinaan melalui supervisi akademik. Pelaksanaan kegiatan pembinaan pada siklus I ini masih terdapat kekurangan, sehingga dari hasil refleksi pada siklus pertama, peneliti merencanakan untuk melakukan  langkah penyempurnaan pada siklus II.  Dari hasil rekapitulasi perolehan data bahwa dengan pelaksanaan pendampingan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yakni dengan nilai 86 (amat baik) dan peningkatan kinerja guru atau dari 7 orang guru baru 6 orang yang sudah mendapat nilai amat baik dan 5 orang mendapat nilai baik, sehingga tidak ada lagi yang mendapat nilai cukup. Dengan kata lain supervisor kepala sekolah  berhasil dengan baik. Dari data diatas dapat di simpulkan  bahwa terdapat hasil yang sangat maksimal yakni peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik kepala sekolah sudah mencapai nilai 86 dari 7 guru sudah dapat mencapai tingkat pemahaman.  Dari hasil observasi pada siklus pertama dan siklus kedua dapat dilihat ada peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran yang baik yaitu dari nilai 74,1 (baik) ke 86 (amat baik). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II terdapat kondisi yang berubah secara signifikan dari siklus I dimana bahwa tingkat kinerja guru untuk melaksanakan pembelajaran meningkat secara signifikan.  Peranan Kepala sekolah dapat meningkatkan pengetahuan serta kinerja guru di SD Negeri 200217 pada semester ganjil T.P 2019/2020.

 Kata Kunci : Supervisi akademik kepala sekolah, Peningkatan kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Anwar, Moch. Idochi. (2013). Administrasi Pendidikandan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asmani, Jamal Ma’mur. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah.Yogyakarta: DIVA Press.

Barnawidan Mohammad Arifin. (2014). Meningkatkan Kinerja Pengawas Sekolah: Upaya Upgrade Kapasitas Kerja Pengawas Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, SudarwandanKhairil. (2012). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadijah. (2017). “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 melalui supervisi akademik semester dua tahun pelajaran 2016/2017”. Jurnal lIlmiah Mandala Education.Vol.3.No.1.

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/7.diakses pada tanggal 19 Januari 2018.

Hadijaya, Yusuf. (2013). Menyusun Strategi Berbuah Kinerja Pendidik Efektif. Medan: Perdana Publishing.

Mardhiah, Ainon, dkk. (2014). “Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Supervisi Akademik di SMP Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen”. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 4, No. 2. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2505. Diakses pada tanggal 29 Januari 2018.

Mudlofir, Ali. (2013). Pendidik Profesional: Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.513-522

Article Metrics

Abstract view : 373 times
PDF - 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.