Peningkatan Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kelas Melalui Supervisi Observasi Di SD Negeri 200220 Ujungpadang

Syafrida Syafrida

Abstract


Tujuan penelitian   ini adalah untuk mengetahui perencanaan program supervisi observasi yang dilakukan kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan evaluasi hasil belajardi SD  Negeri  200220 Ujungpadang. Subjek penelitian ini ditujukan kepada semua guru mata pelajaran supaya dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran sesuai dengan mata pelajarannya melalui supervisi observasi sekolah. Berdasarkan hasil wawancaradan pengamatan berjumlah 11 orang guru dari semua  mata pelajaran yang dan kelas yang diampunya. Siklus I, Indikator keberhasilan penerapan tindakan ini penulis tetapkan sebesar 74,1 (Baik) di mana 4 guru masih mendapat nilai cukup dan  7 orang guru mendapat nilai baik sehingga belum ada yang mendapat nilai sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus  pertama secara keseluruhan belum tuntas, karena guru masih ada yang mendapatkan nilai cukup. Dari hasil rekapitulasi perolehan data bahwa dengan pelaksanaan pendampingan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yakni dengan nilai 86 (amat baik) dan peningkatan kinerja guru atau dari 11 orang guru baru 6 orang yang sudah mendapat nilai amat baik dan 5 orang mendaat nilai baik, sehingga tidak ada lagi yang mendapat nilai cukup. Dengan kata lain supervisor kepala sekolah  berhasil dengan baik

Kata Kunci: Kinerja Guru,  Supervisi Observasi.


Full Text:

PDF

References


Glickman, C.D. (1985). Supervision of Intruction. Boston: Allyn and Bacon Inc.

Lovell, J.T. and Wiles, K. (1983).Supervision for Better Schools (Fifth Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Nana Sudjana.(1988). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sahertian, P.A. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutisna, Oteng. (1993). Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Satori, Djam’an.(1989). Pengembangan Model Supervisi Sekolah Dasar (Penelitian terhadap Efektivirtas Sistem Pelayanan/Bantuan Profesional bagi Guru-guru SD di Cianjur Jawa Barat). Disertasi Doktor pada PPS IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Sulu Lipu La Sulo.(1998). Supervisi Klinis Pendekatan Bimbingan dalam Penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti PPGSM.

Waite, D. (1991). Intructional Supervision from a Situational Perspective. Teaching and Teacher Education, 8 (4), 319-332.

Wiles, J. and Bondi, J. (1980). Supervision: A Guide to Practic. Sydney: Charles E. Merril Publishing Company.

Winardi.(1996). Manajemen Supervisi. Bandung: Mandar Maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.492-503

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.