Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Merancang Lembar Kerja Untuk Pelaksanaan Proses Pembelajaran Di SDN 200310 Pudun Julu

Misrah Misrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru merancang Lembar Kerja yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Penelitian ini menggunakan penelitian Lewins, terdiri dari 2 siklus. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan lembar kerjamulai terjadi peningkatan dalam hal merancang dan menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa, karena telah dipersiapkan sebelumnya,guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan alur yang telah direncanakan, guru dapat menggunakan lembar kerja tersebut untuk mengatur durasi penyampaian materi pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil perolehan pada siklus II guru telah dapat merancang lembar kerja  dengan baik. Melihat hasil yang diperoleh maka penelitian ini dianggap berhasil dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam merancang lembar kerja melalui program pengajaran setiap bidang studi serta kalender akademik pada saat tahun pelajaran berlangsung.

Key word : lembar kerja, proses pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Mouly, 1973, Teori Pembelajaran, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Frank Parson. 1951. Pengertian bimbingan belajar. Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Sidabutar, Tiur.2015. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Merancang Lembar Kerja (LAS) Melalui Kegiatan Bimbingan Berkelanjutan Di SDN Negeri 1 Kota Tebing Tinggi,Tebing Tinggi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.481-491

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.