Koperasi Solok Radjo: Perubahan Kehidupan Petani dan Perdagangan Kopi Arabika di Kabupaten Solok

Mela Prima Irna, Lindayanti Lindayanti, Nopriyasman Nopriyasman

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang kesulitan yang dihadapi petani kopi dikarenakan harga kopi yang rendah disebabkan karena panjangnya rantai perdagangan kopi sehingga melatarbelakangi terbentuknya sebuah koperasi dengan nama Koperasi Solok Radjo. Kemudian digambarkan peran koperasi dalam mengubah kehidupan petani kopi arabika dan perdagangan kopi arabika di Kabupaten Solok. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode sejarah yang dibagi dalam empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan penulisan sehingga berbentuk tulisan sejarah yang bersifat ilmiah deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Solok Radjo mampu memutus mata rantai yang panjang dari jaringan perdagangan konvensional dan menciptakan perdagangan satu pintu sehingga petani dapat diuntungkan dari segi harga. Selain menciptakan harga yang menguntungkan bagi petani, koperasi juga mengedukasi petani tentang budidaya kopi yang baik sehingga kualitas kopi yang dihasilkan juga baik dan kuantitas biji kopi yang dipanen juga meningkat. Selain itu, antusiasme petani untuk berkebun kopi juga meningkat.

 Kata kunci: Koperasi, Petani, Perdagangan dan Perubahan


Full Text:

PDF

References


Aak. (1988). Budidaya Tanaman Kopi. Yogyakarta : Kanisius.

Kuntowijoyo. 1995. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Popkin, Samuel. (1979). The Rasional Peasant: The Political Economi of Rural Society in Vietnam. California: University of California Press.

Rahardjo, Puji. (2013). Kopi : Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Penebar Swadaya.

Scott, James C. (1994). Moral Ekonomi Petani, Pergolakan Dan Subsistensi di Asia Tenggara. Jakarta: LP3ES.

Sitio, Arifin dan Halomoan Tamba. (2001). KOPERASI: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Subandi. (2010). Ekonomi Koperasi (Teoti dan Praktik). Bandung: Alfabeta.

Erman, Erwiza. (2014). Dinamika Komunitas Warung Kopi dan Politik Resistensi di Pulau Belitung. Jurnal Masyarakat Indonesia. 40 (1): 89-107.

Martiani, Dian. Lestari, Dyah Aring Hepiana. & Murniati, Ktut. (2016). Tingkat Partisipasi, Struktur Pendapatan, Dan Kesejahteraan Anggota Koperasi Tani Surya Sekawan Di Desa Banyuwangi Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. JIIA. 4 (2): 186-191.

Putwanto, Yohanes Aris. Murtilaksono, kukuh. & Yusuf, Sri Malahayati. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengolahan Kopi di Desa Mandiri Energi. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 1 (1): 28-34

Sumarti, Titik. Rokhani, Falatehan, Sriwulan Ferindian. (2017). Strategi Pemberdayaan Petani Muda Kopi Wirausaha di Kabupaten Simalungun. Jurnal Penyuluhan. 13 (1): 31-39.

Zed, Mestika. (2010). Dilema Ekonomi Melayu: Dari Melayu Kopi Daun Hingga Kapitalisme Global. TINGKAP. 6 (2): 67-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.457-472

Article Metrics

Abstract view : 894 times
PDF - 628 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.