PENGARUH METODE DEMONSTRASI, CERAMAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PROBOLINGGO

Hartiningsih Hartiningsih, M. Subandowo, Hari Karyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran metode demonstrasi dan metode ceramah juga mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah juga adanya interaksi antara pembelajaran metode demonstrasi dan metode ceramah mata pelajaran Seni Budaya kelas VIII SMP Negeri 7 Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Probolinggo dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan dua kelompok sampel yang berupa pembelajaran metode demonstrasi dan pembelajaran metode ceramah dengan motivasi tinggi dan rendah. Teknik pengumpulan hasil tes setiap kelompok mengunakan analisis variasi (Anava) 2 jalur yaitu uji prasyarat analisis dan uji homogenitas. Metode penelitian menggunakan kuesioner atau angket dan tes yang berdasarkan hipotesis-hipotesis yang akan diuji kebenarannya dengan mempertimbangkan pemberian metode pembelajaran demonstrasi dengan pembelajaran ceramah. Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar pada pembelajaran demonstrasi dengan pembelajaran ceramah, ada pengaruh motivasi belajar siswa yang tinggi dan motivasi belajar siswa yang rendah dengan model pembelajaran demonstrasi dan pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar siswa juga ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran demonstrasi, ceramah dan motivasi  belajar siswa tinggi  dan motivasi belajar rendah


Keywords


demonstrasi, ceramah, motivasi belajar, hasil belajar, seni budaya

Full Text:

PDF

References


Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Berg, Euwe.1991. Miskonsepsi Matematika dan Remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Darmawan, Didit. 2006. Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar, Metromedia Mandiri Pustaka: Surabaya.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Fatkhan. 2017. Pengertian Keterampilan Proses Sains.

Gerungan, W.A. 2000. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

Hadi, Sutrisno. 2007. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: YPFP. UGM

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hudojo, Herman. 2001. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Indrakusuma, Dean, Amir. 2005. Media Pembinaan Pendidikan, Surabaya: Fa Dian Indah Pustaka,

Indriantoro, Nur. 1999. Metodologi Penelitian dan Bisnis, Yogyakarta: BPFE

Irwanto. 2017. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Koesmiyati, Endang. 2006. Motivasi Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa. Jur. Vidya: Jilid 3.

Lisa, Choiru. Trsinawati. 2004. Bimbingan Belajar Membaca dan Menulis Bagi Murid Taman Kanak-kanak Muslimat XII Rahayu.

Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mustangin. 2017. Dasar-Dasar Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Islam

Mudzakir, Ahmad. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Pasaribu & Simanjuntak. 2004. Teori Kepribadian. Bandung: Tarsito.

Paulina. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Remaja Karya.

Poerwardarminta, WJS. 2004. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Balai Pustaka

Ratnawati, Tri. 2007. Identifikasi hambatan belajar fisika siswa kelas III SLTP 3 Lawang. Terbitan: Universitas Negeri Malang. Jurusan Pendidikan Fisika.

Ratumanan, T.G. 2002. Belajar dan Pembelajaran. FKIP Universitas Pattimura Ambon.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sarlito, Wirawan. 2007. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarlito, Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Satiadarma. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Sia, Tjundjing. 2016. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi.

Slameto. 2001. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soeharto. 2005. Study Skills: Do I Really Need This Stuff. Cakrawala Pendidikan: Edisi November.

Subiyanto. 2008. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: P2LPTK.

Subiyanto. 2009. Evaluasi Pendidikan IPA. Jakarta: P2LPTK.

Sudikin dan Mundir. 2005. Metode Penelitian: Membimbing dan Mengantar Kesuksesan Anda dalam Dunia Penelitian. Insan Cendikia: Surabaya..

Sudjana, Nana. 2005. Statistika II. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhendro. S. 2018. Pengaruh metode demonstrasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar geografi di SMAN 3 Metro. JPG (Jurnal Penelitian Geografi). FKIP. Universitas Bandar Lampung.

Sukarno. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Sains. Jakarta: Rajawali.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumiyati, S. (2018). Perbedaan Metode Demonstrasi Dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implemen-tasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Usman, Uzer, Mohammad. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. 2009. Pengantar Psikologi Umum. (edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Offset.

Winarsunu, Tulus. 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Edisi Pertama. Malang: Penerbit UMM Press.

Winkel, WS. 2007. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i3.2023.1331-1344

Article Metrics

Abstract view : 585 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.