HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN INTERNET ADDICTION DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Novita Dewi, Rida Yanna Primanita

Abstract


Aktivitas yang menggunakan internet sudah menjadi aktivitas yang mengasyikkan bagi sebagian besar mahasiswa, aktivitas tersebut dapat menyebabkan mereka kecanduan internet yang bisa mengganggu aktivitas perkuliahan salah satunya penundaan dalam bidang akademik. Tujuan penelitian mengetahui korelasi antara kecenderungan internet addiction dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Riset ini merupakan riset kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel diambil dari prodi DKV dan PTI dengan masa studi terlama dengan total 125 orang. Data diukur dengan skala internet addiction dan skala prokrastinasi akademik dengan analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecenderungan internet addiction dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan r = 0,443 dan p = 0,00 < 0,05. Sebanyak 41,6 % subjek memiliki taraf kecenderungan internet addiction tinggi dan 44 % subjek  berada pada taraf prokrastinasi akademik sedang.


Keywords


Kecanduan Internet, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astin Sokang, Y. (2016). Mahasiswa dan internet: Dua sisi mata uang? Problematic internet use pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 43,(2).

Amna, Z., Faradina, S., & Mufidah, R. (2020). Gambaran kecenderungan adiksi pengguna ponsel cerdas pada mahasiswa. Jurnal psikologi unsyiah, 3(2). ISSN: 2614-6428.

Anggawijaya, S. (2013). Hubungan antara depresi dan prokrastinasi akademik. Calyptra: Jurnal ilmiah mahasiswa universitas surabaya, 2(2).

APJII. (2018). Infografis penetrasi dan perilaku pengguna internet indonesia: Survey 2018. Asosiasi penyedia jasa internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Bashir, S., & Shafique, F. (2008). Library cooperation view project financial literacy view project. https://www.researchgate.net/publication/236173136

Catrunada L. (2008). Perbedaan kecenderungan prokrastinasi tugas skripsi berdasarkan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Jakarta: Fakultas Psikologi Gunadarma. Diakses tanggal 9 November 2009 Dari http://library.gunadarma.ac.id/index.php?appid=penulisan⊂=detail&npm=10503104&jenis=s1fpsi

Erizka, R., Nadjmir., & Usman, E. (2016). Hubungan kejadian internet addiction dengan prestasi belajar pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas andalas. Jurnal kesehatan andalas, 5(3), 625-629.

Dian, C., Sari, R., & Soetjiningsih, C. (2020). Subjective well-being dan perilaku kecanduan online games pada mahasiswa. Jurnal spirit, 1(1), 84-98. http://dx.doi.org/10.30738/spirits.v11i1.8537.

Fauziah, H. H. (2016). Faktor-faktor yang memepengaruhi prokrastinasi akadmik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan djati bandung. Psympathic: Jurnal ilmiah psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McGown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. New York: Plenum press. ISBN 978-1-4899-0227-6 (eBook).

Griffiths, M. (1996). ‘Behavioural addictions: an issue for everybody?’. Journal of workplace learning, 8(3), 19-25.

Griffiths, M. (2008). Internet and video game addiction. Academic press. doi: 10.1016/B978-012373625-3.50010-3.

Young, K., et al. (2000). Cyber-disorders: The mental health concern for the new millennium. Paper published in CyberPsychology & Behavior, 3(5), 475-479.

Yusuf, A. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif,& gabungan. Prenadamedia Group.

Julyanti&, M., & Aisyah, S. (2015). Hubungan antara kecanduan internet dengan prokrastinasi tugas sekolah pada remaja pengguna warnet di kecamatan medan kota. Jurnal diversita, 1(2).

Kartadinata. I. (2008). I love you tomorrow : Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu. Anima indonesia psychological journal, 23(2), 109–119.

Griffiths, M., & Kuss, D. J. (2015). Internet addiction in psychotherapy. Basingtoke: Palgrave macmillan. doi: 10.1057/9781137465078.0003.

Gultom, S. A., Wardani, N. D., Fitrikasari, A., & Dewi Wardani, N. (2018). Hubungan adiksi internet dengan prokrastinasi akademik. Jurnal kedokteran diponegoro, 7(1), 330-347. https://doi.org/http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico

Reuter, M., & Montag, C. (2015). Internet addiction neuroscientific approaches and therapeutical implication including smartphone addiction. German: Springer international publishing switzerland.

Rizvi, A., Prawitasari, J.E., Soetjipto, H.P. (1997). Pusat kendali dan efikasi diri sebagai prediktor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika, (3), 51-67

Saleem, M., & Owaisi, A. M. (2015). Internet Addiction : It's impact on Procrastination of Higher Learning. The Sindh University Journal of Education, 44(2), 205–30

Sari, R. E., & Nugroho, A. Y. F. (2021). Pelatihan problem focused coping untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. SOSIOHUMANIORA, 7(1).

Shahnaz, I., & Karim, A. K. M. R. (2014). The impact of internet addiction on life satisfaction and life engagement in young adults. Universal Journal of Psychology, 2(9), 273–284. https://doi.org/10.13189/ujp.2014.020902

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94. doi: 10.1037/0033-2909.133.1.65

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Widiana, H.S., Retnowati, S & Hidayat, R. (2004). Kontrol Diri dan Kecenderungan Kecanduan Internet. Humanitas. Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1), 6–16.

Winarsunu, T. (2009). statistik dalam penelitian psikologi & pendidikan. UMM Press.

Young, K. S., & Abreu, C. N. (2011). Internet Addiction A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. New Jersey: Wile & Son, Inc.

Young, K. S. (1996). Internet addiction : The emergence of a new clinical disorder. Cyber psychology and behavior, 1(3), 237-244.

Young, K. S. (1998). Internet Addiction: The Emergence of a New Clinical Disorder. CyberPsychology & Behavior , 1 (3), 237-244. doi: https://doi.org/10.1089/cpb.1998.1.237. https://www.liebertpub.com/doi/10.1089/cpb.1998.1.237




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i3.2023.1031-1041

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.