Ethics & Malpractice Statement

Etika Publikasi

Jurnal ilmiah Muqoddimah adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, dewan editorial, peer-reviewer dan penerbit terikat kepada etika publikasi jurnal

Keputusan Publikasi

Editor jurnal ilmiah Muqoddimah bertanggung jawab untuk menetapkan artikel yang bisa dipublikasikan. Setiap penulis harus bisa mempertanggungjawabkan keaslian setiap tulisannya. Kebijakan dewan editorial harus memperhatikan hukum yang berlaku di Indonesia terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor atau reviewers terkait dengan pengambilan keputusan

Adil

Editor harus setiap saat memeriksa naskah konten intelektual tanpa memandang ras, jenis kelamin, kepercayaan agama, etnis, kewarganegaraan, aliran atau filsafat politik dari penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh memberikan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain kepada penulis, reviewers,editor dan penerbit.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Penelitian atau artikel yang tidak diterbitkan, tidak boleh dipergunakan oleh editor tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas peer review

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial melalui komunikasi editorial dengan penulis dalam memperbaiki makalah.

Kecepatan

Setiap proses editing, reviewer maupun layout paling lambat setiap bagiannya diselesaikan dalam 4 minggu.

Standar Objektivitas

Penilaian dan review artikel dilakukan secara objektif, setiap penilaian harus berdasarkan argumen yang mendukung.

Sumber Kutipan

Reviewer harus memperhatikan apakah kutipan yang dibuat oleh penulis sesuai dan relevan dengan yang dicantumkan dalam artikelnya.

Pernyataan Tidak Ada Kepentingan Pribadi

Hasil dari peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan naskah berdasarkan kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga mana pun yang terhubung dengan artikel.

Tugas Penulis

Setiap penulis harus menyebutkan identitas asli, pekerjaan dan objektifitas artikelnya. Tulisan harus disertai dengan data yang akurat, detail dan referensi yang cukup. Sehingga orang bisa menjadikan artikel tersebut sebagai rujukan.

Akses dan Referensi Kutipan

Setiap kutipan yang dicantumkan oleh penulis harus bisa diakses apabila merupakan kutipan online, sedangkan apabila kutipan buku atau tulisan harus dari sumber yang jelas.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa tulisannya adalah karya asli dan jika penulis mengutip karya atau kata-kata orang lain harus disebutkan secara jelas dan tepat.

Publikasi ganda

Penulis tidak mempublikasikan naskah yang sama di jurnal yang lain, apabila ditemukan, maka naskah tersebut akan dibatalkan dan penulis dianggap telah melanggar etika penulisan ilmiah.

Kutipan

Setiap kutipan yang dicantumkan penulis harus sesuai dengan materi tulisan dan menyebutkan sumber kutipan secara jelas.

Penulis bersama

Setiap naskah yang ditulis lebih dari satu orang, maka tulisan tersebut harus benar-benar karya dari beberapa penulis tersebut. Menyebutkan identitas masing-masing penulis dan masing-masing penulis memiliki partisipasi dalam tulisan tersebut.

Bahaya Manusia atau Hewan

Jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi ini dalam naskah.

Pernyataan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus menyebutkan dalam manuskrip mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus disebutkan dengan jelas.

Kesalahan Dalam Karya yang Dipublikasikan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, maka penulis diwajibkan untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit untuk menarik kembali atau memperbaiki tulisan.