Pelayanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Permasalahan Sosial Remaja (Studi Kasus SMK An-Naas Binjai)

Muhammad Putra Dinata Saragih, Bagus Perkasa Zupit, Muhammad Iqbal Indraji

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran bimbingan dan konseling kelompok dalam membantu siswa mengatasi tantangan yang mereka miliki di sekolah dan dampak dari tantangan tersebut. Untuk penelitian ini, digunakan metode kualitatif yang disebut studi kasus. Wawancara dengan partisipan dalam penelitian, serta observasi dan pencatatan partisipan, digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) bimbingan dan konseling memegang peranan yang sangat penting dalam proses pemecahan masalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, dan pelaksanaan bimbingan konseling dapat diintegrasikan dengan berbagai pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. (2) keluaran proses bimbingan konseling dapat menjadi wadah utama untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, sehingga peran dan fungsi bimbingan konseling adalah sebagai proses pencegahan dan proses pengobatan berbagai masalah.


Full Text:

PDF

References


Asmani, J.M. (2012). Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja. Yogyakarta: Diva Press

Geldard, Katherine. (2011). KonselingRemaja. Bandung: Alfabeta

Juntika, Nurihsan. (2006). Bimbingan dan Konseling. Bandung: Depdikbud

Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102-123.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia.

Prayitno. 2010. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghali Indonesia.

Ralasari, T. M., & Sukmawati, E. Konseling Kelompok Untuk Kenakalan Remaja.

SAFITRI, I. (2020). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengatasi Tingkah Laku Menyimpang Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Lpka) Klas Ii Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sari, N., Giyono, G., & Sofia, A. (2015). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas Viii. Alibkin (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.111-114

Article Metrics

Abstract view : 1672 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.